Perlengkapan Kolam Renang

Untuk melengkapi kolam renang yang anda miliki, anda perlu menambahkan beberapa kelengkapan , sehinga saat anda akan dan sedan berenang anda sudah mempunyai fasiliats fasilitas yang memungkinkan saat -sat berenang anda semakin nyaman dan santai. Beberapa perlengkapan  untuk  kolam renang adalah:

1. Lampu Kolam Renang

Kolam renang anda akan begitu indah jika dilengkapi dengan latar yang artistik. Sebuah kolam renang adalah tempat yang disukai sewaktu musim panas yang dapat dinikmati siang ataupun malam hari. Begitu juga kita perlu menghindari resiko khususnya untuk anak anak maupun bagi tamu yang atas kehadiranya di sekitar kolam renang. Memasang lampu lampu disekitar kolam renang sangat membantu keselamatan bagi pengunjung atau pemakai di sekitar kolam renang dimana mereka dapat menikmati kolam renang jika dipakai malam hari. Pemilihan lampu yang menarik dapat juga menambah keindahan dari kolam renang disamping keselamtan yang didapatkan dari tersedianya lampu disekitar kolam renang.

Penyedian lampu disekitar jalan taman kolam dan disekitar area landscape kolam dianjurkan jaraknya tidak lebih dari 5 m, sebagaimana persyaratan jarak efektif pencahayaan,. Penempatan lampu dibawah tangga kolam , dan penempatan lampu tanam disekitar bibir dinding kolam atau di pagar pengaman  dengan penempatan yang tidak terlihat orang, dimana tidak menjadi titik fokus langsung adalah sebuah konsep yang bagus bagi penataan lampu dikolam renang. Penempatan lampu yang bertingkat atau bertumpuk adalah sebuah model yang elegan yang dapat ditambahkan di area terbuka yang mana dapat juga menyembunyikan fiksture dari bunga ataupun daun daun yang kurang bagus .
Saat  ini untuk pemakaian malam hari  , kolam renang kebanyakan dibangun dengan menyediakan  lampu di dinding kolam yang bisa memancarkan cahaya ke air kolam , fungsinya adalah selain untuk mendapatkan nilai artisitik  tetapi juga untuk membantu orang yang berenang di malam hari sehingga mereka dapat melihat sekitar mereka.

 

 

 

 

Dalam salah satu desain pencahayaan untuk bawah air kolam, sebuah bola lampu pijar dengan jenis lampu LED tahan air mempunyai keunggulan karena biasanya didesain secara khusus untuk pemakaian di dalam air .

 

2. Pool Covers

Pool cover adalah pelindung kolam Anda dari jatuhan benda yang berasal dari atas kolam, seperti dedaunan, debu atau kotoran lainnya.  Ketika kolam renang sudah selesai kita gunakan, biasanya kolam akan dibiarkan terbuka sehingga kolam  akan mudah untuk menampung kotoran kotoran dari atas. Untuk menjaga hal ini kita perlu menyediakan pool cover di kolam renang yang kita miliki.  Pelindung ini dapat dibangun terpisah dari konstruksi kolam renang atau menyatu dengan konstruksi kolam sesuai dengan type pool cover yang kita gunakan.

 

Jenis jenis pool covers yang tersedia saat ini adalah :

  • Solar Cover
    Jenis cover ini terbuata dari bahan plastik dengan kualitas yang bagus dimana bahannya sangat tipis. . Cover ini juga dilengkapi dengan pelindung sinar ultraviolet dan juga mengurangi penyerapan sinar matahari sekitar 5-15%.
  • Vinyl Pool Cover
    Jenis cover ini terbuat dari bahan material vinyl dimana beratnya lebih besar dari bahan solar cover Jenis bahan ini juga mempunyai Jenis cover ini dapat dibuat dalam dua lapisan dengan sekat yang berbeda. Dengan warna yang lebih gelap dan lebih padat jenis cover ini dapat menyerap panas matahari 20 – 40 % .
  • Automated and Semi-Automated Pool Covers
    Pool Cover Otomatis atau semi otomatis adalah jenis cover yang konstruksi dengan sistim menggulung sendiri dengan menggunakan rel sendiriDengan hanya menekan tombol saja, maka pool cover akan bekerja sendiri untuk menutup atau membuka cover. Untuk yang jenis Smi Otomatis juga menggunakan sistim mekanis tapi hanya perlu bantuan orang untuk membentangkan cover diatas rolnya. Bahan cover sendiri bisa menggunakan plastik ataupun vinyl.
    

3. Pool Liners

Pool liner adalah bahan penutup kolam renang yang biasanya dipasangkan menjadi garis atau penutup di kolam renang dimana dipasangkan di permukaan dasar ataupu disisi samping kolam renang. Pool liner biasanya dipakai orang bilamana mereka tidak menutup permukaan konstruksi kolam dengan keramik . Bahan pool liner dibuat dari bahan material vinyl ataupun dari bahan plastic.


Liner vinyl dibuat dari bahan yang daya tahan lama dan material yang elastis dimana mempunyai daya tahan kerusakan terhadap sinar matahari, bahan kimia yang berbahaya dan juga tahan terhadap pengaruh cuaca. Pool liner jenis ini dapat dipasangkan dalam berbagai ukuran atau bentuk. Biasanya diproduksi dalam berbagai ukuran standard sebagaimana yang biasa dipakai di kolam renang. Pool liners dapat dijumpai dalam berbagai warna , pola dan ketebalan dan anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan anda.

4. Pool Slides

 

 

Pool slides, adalah pilihan kelengkapan untuk kolam renang dengan bentuk papan luncuran. Jika anda mempunyai anak yang sudah bisa berenang, anda dapat memanjakannya dengan menyediakan papan luncuran ini di kolam pribadi anda. Papan luncuran ini dapat anda jumpai dalam berbagai bentuk dan ukuran dan dalam berbagai warna. Umumnya bahan material untuk papan luncuran ini terbuat dari plastik dan vinyl.

Untuk  memilih kelengkapan ini perlu  mempertimbangkan beberapa hal :

  • Ukuran yang akan dibeli harus berdasarkan ketersediaan lahan.
  • Papan luncuran yang ditujukan pemakaiannya untuk anak anak, usahakan papan luncuran harus berbentuk aman dan tidak dalam ukuran yang terlampau tinggi.
  • Jika papan luncuran ditujukan bukan hanya untuk anak saja,  pilih lah jenis luncuran yang bisa dipakai untuk orang dewasa.

5. Diving Pools (Papan Loncat)

Papan loncat sebagai kelengkapan kolam renang hanya dianjurkan bagi pemakai yang sudah cukup dewasa,sebagaimana dianjurkan karena pemakaian bagi anak anak dianggap mempunyai resiko jika kurang begitu pandai untuk memakaianya.
Papan loncat ini dapat ditemui dalam berbagai bentuk, ukuran dan bahan. Untuk pemakaian pribadi dirumah anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


Salah satu yang perlu diperhatikan adalah penempatan papan loncat harus di sisi bagian kedalaman kolam tidak kurang dari 2 m.

6. Stairs / Tangga

Tangga kolam renang dimaksudkan sebagai alat bantu dikolam renang untuk turun ataupun naik dari kolam renang. Penempatan tangga ini biasanya di tepi kolam dimana kedalaman kolam lebih dari 1 m. Bagi kolam pribadi anda dimana bentuk lantai sudah didesain dalam berbentuk tangga, anda juga perlu menempatkannya disisi yang lebih dalam karena juga diperlukan untuk keselamatan bilamana sesorang yang berenang ingin cepat naik ke sisi luar kolam.

 

7. Heater atau pemanas
Alat ini dimaksudkan membantu memanaskan suhu air kolam dimalam hari atau disaat cuaca dingin, sehingga memberikan kenyamanan disaat anda beraktivitas di kolam renang.

 

 

  1. #1 by aris on May 28, 2012 - 5:17 am

    trimaksih..sangat bermanfaat infonya
    by 0818 0909 1909

  2. #2 by septa aris prasetya on September 14, 2012 - 3:11 pm

    saya bisa mendapatkan info untuk pembuatan pool covers.. klo ada info hub 081802610666, trimakasih

  3. #3 by mimi on January 13, 2013 - 8:24 am

    apakah saya bisa dapatkan nama toko pembuatan penutup kolam yg dr bahan vinyl?berapa harganya?thank’s untuk infonya …. hub saya 081219609866

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: