Desain Kamar Mandi Yang Bagus

Kamar mandi adalah ruangan yang paling penting dalam suatu bangunan rumah tinggal. Perencanaan letak, bentuk dan jenis peralatan yang ada di dalamnya harus direncanakan sehingga orang yang sedang memakai kamar mandi merasa nyaman di dalamnya.

 Faktor faktor dalam perencanaan kamar mandi :

  1. Faktor Kesehatan (Higienis)
    Untuk mendukung faktor higienis (kesehatan) , yang paling perlu diperhatikan adalah material bangunannya, khususnya lantai dan dinding kamar mandi harus kedap air, dengan demikian secara otomatis kamar mandi dapat lebih mudah untuk dibersihkan . Ruangan  kamar mandi adalah rungan yang mudah menghasilkan bau yang tidak sedap , untuk itu  penting menyediakan ventilasi udara yang cukup bagi kamar mandi itu sendiri. Juga harus diusahakan cahaya matahari harus ada masuk kedalam ruangan kamar mandi , sebaba cahaya matahari sangat bagus  untuk membunuh bakteri.
  2. Faktor Kenyamanan (Comfort)
    Untuk mendukung faktor ini , kita harus memberikan kesan yang nyaman didalam ruangan kamar mandi , pemberian warna yang cerah dan bersinar adalah salah satu cara yang baik dilakukan. Jika kita menggunakan warna yang gelap dikamar mandi , disamping kesan yang kurang menarik juga akan mengakibatkan kotoran ataupun debu tidak kelihatan. Ini akan membuat kamar mandi tidak sehat dan kurang menyenyangkan.
  3. Faktor Keamanan (Safety)
    Konstruksi bangunan harus dibuat secara aman ,  baik dari segi material maupun pemasangan / instalasi materialnnya sendiri.  Semua material didalam ruangan kamar mandi harus berkualitas dan padat, termasuk instalasinya harus kuat. Sebagai contoh instalasi wastafel atau kaca  yang ada didalam kamar mandi  harus benar benar kokoh dan kuat untuk menjaga keselamatan.

 

Dalam  pelaksanaan pembuatan kamar mandi ada  beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Perencanaan Tempat dan Ukuran. Penempatan kamar mandi harus di atur dari segi kemudahan dan estetika, kamar mandi ditempatkan dengan posisi yang tidak sulit dijangkau, jangan memaksakan penempatan ruang kamar mandi dimana berdekatan dengan ruangan yang sering ditempati orang, misalnya di dekat ruang tamu, bila mana harus menempatkannya , buatlah dinding artistik di depan pintu dimana tidak langsung mengarah keruangan tersebut.  Bilamana keadaan rumah yang  memungkinkan menempatkan kamar mandi di ruang kamar tidur, pilih posisi pintu kamar mandi tidak menghadap tempat tidur, dan juga harus tetap diperhatikan bahwa kamar mandi harus mempunyai ventilasi tersendiri yang berhubungan dengan udara luar.  Ukuran Kamar mandi disesuaikan dengan kondisi luas bangunan rumah, dianjurkan ukuran minimal sebuah ruangan kamar mandi adalah 1.5 m x 1.5 m.
  2. Konstruksi Kamar Mandi. Dalam tahap konstruksi harus diperhatikan betul betul pelaksanaan bangunannya terutama yang berhubungan dengan tanah dasar dan sistim pemipaannya.

 

Berikut tips yang berhubungan dengan konstruksi kamar mandi :

  • Untuk kamar mandi yang ditempatkan di lantai satu, harus diperhatikan betul kondisi tanah asli bangunan tersebut. Bilamana lokasi tersebut adalah bekas tanah rawa, usahakan supaya menggali tanah lamanya , bila diperlukan semprotkan obat pembasmi hama untuk ,   kemudian disi kembali dengan tanah timbunan yang baru.
  • Jangan pernah membiarkan konstruksi lantai dengan hanya adukan semen dan pasir saja. Karena ruangan kamar mandi yang selalu berhubungan dengan air , maka lantai akan sering basah sehingga lantai akan mudah rusak, hal ini akan memudahkan binatang binatang kecil misalnya cacing tanah   akan naik kepermukaan lantai kamar mandi. Jangan terlampau yakin dengan kamar mandi anda walaupun sudah dilapisi dengan keramik , tetapi pastikan konstruksi lantai dibawahnya benar benar kuat, bila perlu buatlah lantai beton bertulang. Untuk finishing  lantai pilihlah jenis material keramik yang tidak licin / anti slip. Pilihlah warna dan corak yang menarik sesuai dengan selera anda.
  • Untuk instalasi pipa buangan air kotor dan instalasi pipa dari closet/ wastafel, pastikan semua sambungan terekat dengan sempurna. Jangan membiarkan bocoran karena akan menjadi bersumbernya kuman. Berikan drain floor yang bisa mengindari masuknya binatang ke kamar mandi anda.
  • Pastikan kamar mandi anda mempunyai ventilasi langsung yang berhubungan dengan udara luar untuk mendapatkan  sistim sirkulasi udara yang baik kedalam ruangan kamar mandi.
  • Jika ruangan kamar mandi yang anda miliki kelihatan cukup kecil dan tidak dapat dirubah lagi dengan menambah luasan, ada beberapa alternative yang bisa anda lakukan agar ruangan kamar mandi anda kelihatan cukup luas .Penempatan kaca besar di salah satu sudut dinding kamar mandi akan memberikan kesan ruangan lebih besar dan lebih terang.

 3. Perlengkapan dan peralatan di ruangan kamar mandi.

Untuk mendapatkan kamar mandi yang lebih menarik, sebuah kamar mandi dapat diisi dengan  jenis jenis peralatan yang   sesuai dengan keperluan dan selera pemilik kamar mandi. Beberapa perlengkapan dan peralatan yang ditempatkan di kamar mandi harus menarik dengan warna dan elemen elemen dekorasi yang menarik. Sebagaimana fungsinya masing masing seperti kamar mandi dapat diisi dengan bathub, wastafel, closet, shower dan peralatan pendukung lainnya misalnya kaca, gantungan handuk , tempat sabun, sikat gigi dan lainnya. Barang barang tersebut diatas harus direncanakan sedemikian rupa , harus mudah dilihat dan dijangkau, dan juga penempatan peralatan tersebut harus menambah penampilan kamar mandi yang semakin menarik .

 4. Pemilihan Warna Cat

Pemilihan warna   di kamar mandi akan mempengaruhi rasa nyaman dan kondisi ruangan kamar mandi itu sendiri. Untuk ruangan kamar mandi dengan ukuran  yang lebih kecil dianjurkan untuk memberikan warna terang dan cerah dimana akan memberi kesan ruangan yang lebih luas. Dan untuk ruangan yang sedkiti lebar, anda dapat memadukan beberapa warna yang menarik sehingga ruangan kamar mandi akan kelihatan lebih elegan. Sesuaikan warna cat dinding dengan warna kermaik, perabot/ perlengkapan yag ada diruangan kamar mandi.

5. Penempatan Lampu.

Penempatan lampu dikamar mandi juga akan memberi kesan bagi kamar mandi itu sendiri. Pilihan jenis lampu harus disesuaikan dengan kondisi kamar mandi. Untuk kamar mandi dengan ukuran kecil pilih penempatan lampu di plafoon dengan warna yang agak terang sehingga kesan kamar mandi akan luas. Untuk kamar mandi yang agak luas, anda bisa membuat lampu dengan model ceiling laight dan supaya lebih menarik anda dapat juga menempatkan lampu artistik di dinding kamar mandi.

 

 

 

!

  1. #1 by duniateknik.web.id on January 12, 2013 - 11:00 am

    desain kamar mandi yang bagus,terimakasih untuk desainnya,jadi bisa untuk saya buat latihan

  1. jual kaos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: