Modifikasi Harga Satuan Pekerjaan Beton untuk mengetahui jumlah besi yang dibutuhkan.

Dalam pembuatan RAB , khusunya untuk pekerjaan beton adalah lebih memuaskan jika kita bisa juga mengetahui   jumlah masing masing material yang diperlukan dan jumlah harganya keseluruhannya.   Bagi kita yang biasa menggunakan  analisa harga material yang ada seperti dibawah ini kadang kita akan mempunyai kendala untuk mengetahui jumlah sebenar masing masing materialnya. Dan kadang juga akan mendapatkan permasalahan jika misalnya menggunakan jenis besi yang berbeda.

Mari kita lihat contah analisa harga satuan untuk bahan material dibawah ini :

Dari analisa Harga Satuan Pekerjaan diatas,  misalnya kita akan menghitung biaya  pekerjaan balok beton dengan ukuran 20 x 40 dengan panjang 10 m.

Dari perhitungan,  maka volume pekerjaan adalah :  0.2 x 0.4 x 10 = 0.8 m3.

Dengan volume 0.8m3 , maka  biaya pekerjaan untuk 10 m adalah =

Nah, sekarang mari kita perhatikan, jika kita hendak mengerjakan balok beton  dengan ukuran yang sama tapi menggunakan ukuran besi yang berbeda. Contohnya gambar dibawah ini :

                      Balok Beton Type 1                                                                                                                                       

 

 

 

 

 

 

Dengan memperhatikan kedua gambar sudah tentu secara pelaksanaan , biaya pekerjaan pembuatan  balok beton type 2 akan lebih besar dibandingkan dengan balok beton type 1. Mengapa demikian ? Jika perhatikan  perbedaannya adalah  Type 1  menggunakan besi utama  besi diameter 12 mm dengan jumlah 10 buah dan cincin 8 mm dengan jarak 15 cm. Sedangkan type 2 menggunakan besi utama 12 mm dengan jumlah 12 buah dan cincin 10 mm dengan jarak 15 cm. Tentu dengan perbedaan jumlah dan jenis besi maka jumlah biaya akan berbeda.

 

 

 

Dibawah ini  adalah hasil perhitungan biaya dan jumlah kebutuhan material untuk pekerjaan beton kedua jenis diatas berdasarkan modifiaksi analisa harga satuan pekerjaan  , dimana didapatkan perbedaan jumlah biaya material seperti terlihat dibawah ini :

Biaya Material untuk Beton 20 x 40  Type 1 :

 Biaya Material untuk Beton 20 x 40 Type 2  :

 

Dari analisa diatas maka dapat dilihat jumlah biaya material Type 1 adalah Rp. 1.921.727,46 sedangkan biaya material untuk Type 2 adalah Rp. 2.136.477,06.

Jadi disini, dalam pembuatan RAB kita perlu memperhatikan penyusunan Analisa Harga Satuan yang ada apakah perlu kita buat lebih mendetail supaya harga yang kita buat sudah sesuai dengan kebutuhannya. Dan dengan contoh modifikasi analisa harga satuan tersebut maka kita akan lebih mudah mendapatkan jumlah bahan misalnya besi sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Contoh analisa harga satuan tersebut dapat anda modifikasi untuk pekerjaan beton lainnya misalnya kolom, sloof dan pekerjaan beton lainnya sehingga bilamana anda menyusun RAB, anda akan lebih mudah untuk menghitung jumlah besi dengan jenis ukuran yang berbeda .

Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: