Gambar Desain untuk Rumah Memanjang

Untuk kita yang mempunyai ukuran tanah yang terbatas apalagi bentuk tanah yang memanjang, sering bingung untuk membuat desain ruangan dan atap yang cocok untuk bentuk tanah tersebut.

Seperti gambar dibawah ini dimana ukuran tanah yang ada dengan ukuran lebar di depan 4 m dan panjang ke belakang 20 m. Dimana kondisi tanah yang kurang memadai, untuk pembuangan air hujan dari atap tidak bisa ke samping ataupun kebelakang tanah yang ada. Untuk bentuk tanah tersebut kita kadang kita berpikir bagaimana   bentuk cocok .

Kita dapat mendesain bentuk rumah tesebut dengan type yang sederhana tapi menarik. Hal hal yang mungkin perlu kita perhatikan adalah :

  1.  Bentuk ruangan.
  2. Sistim sirkulasi udara dan cahaya
  3. Bentuk atap

Karena bentuk ukuran yang terlalu tidak bebas, memang untuk mendesain tata ruang yang betul betul menarik memang agak susah, tapi setidaknya kita bisa medesain nya dengan penyediaan ruang yang cukup bagi keperluan keluarga dimana tersedia ruang tidur, ruang keluarga, kamar mandi, ruang makan dan dapur.

Seperti terlihat pada gambar dibawah , dengan pemberian taman di bagian tengah rumah , rumah akan kelihatan tidak terlalu tertutup dan masing masing ruangan yang berhubungan akan mendapatkan sirkulasi udara.

Dengan pemberian bentuk atap dua sirip, dan sedikit pemberian atap dak beton, sehingga dapat diatur area yang bisa mendapatkan perputaran udara di tengah ruangan. Dari gambar potongan dibawah  bisa kita lihat bagaimana sirkulasi udara bisa masuk melalui void yang ada di dapur dan taman, sehingga kondisi ruangan didalam rumah akan lebih segar walaupun kelihatan tertutup dari samping ataupun dari belakang rumah.

Untuk lengkapnya  gambar kerja jenis rumah ini dapat anda lihat disini.

Semoga bermanfaat !!!.

  1. #1 by pbasari on August 16, 2013 - 9:46 am

    trims denahnya. kebetulan sedang mencari contoh. maaf, itu ruang makan sebelahan dengan kamar mandi ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: