Tindakan Preventif Menghadapi Gempa

Gempa bumi adalah hasil aktifitas  pergerakan lapisan tanah bumi  yang mengahasilkan goncangan secara tiba tiba. Daerah Indonesia  umumnya adalah daerah yang aktif terhadap gempa bumi , biasanya gempa tersebut terjadi dalam peride beberapa  waktu  dan dalam beberapa gelombang getaran. Besarnya gelombang getaran tersebut kita rasakan tergantung jarak dan kedalam dari pusat gempa yang terjadi ke tempat kita. Semakin dekat jarak dan kedalamannya , maka tingkat gelombang getaran yang kita rasakan akan semakin kuat. Demikian juga rumah kita bisa akan merasakan  pengaruh goncangan tersebut yang bisa merusak barang dan perabotan yang ada di rumah kita .  Sekecil apapun goncangan yang terjadi kita perlu mengantisipasi untuk mengurangi kerusakan yang mungkin terjadi bagi barang dan perabotan kita. Disamping itu jika perabot kita terjatuh bisa mencederai kita yang ada didekatnya. Ada beberap hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerusakan akibat gempa tersebut . 

Pengamanan barang/ perabot yang mudah tergeser  atau terjatuh:

  1. Ikatkan semua barang barang yang gampang bergeser. Untuk  perabot yang mempunyai roda dianjurkan untuk membuka roda tersebut , jika tidak memungkinkan lakukan pengikatan kedinding, ikatkan  bagian yang tidak akan mengganggu pemakaian ataupun lintasan. Untuk estetika supaya tidak kelihatan anda bisa menggunakan benang nylon transparan.    Buatkan fisher palstik ke dinding dan pasangkan sekrup  yang kuat sebagai cantolan ikatan tersebut. Pengikatan barang /perabot ini dilakukan untuk menghindari pergeseran tiba tiba jika terjadi gempa disamping bisa mencederai kita, juga akan merusak barang itu sendiri bila berbenturan dengan benda lainnya.
  2. Untuk barang yang mudah bergeser misalnya meja , anda juga bisa menggunakan lem kertas kitty dikaki meja anda yang akan direkatkan ke lantai, bisa juga anda lakukan dengan memberikan sepatu karet dimana hal ini akan menghindari pergeseran tiba tiba.
  3. Gunakan siku pengait (bracket) untuk mencantelkan barang , perbaot atau furniture yang tinggi ke dinding seperti lemari, rak buku dan lain lain. Bracket dari bahan stainles steel saat ini mudah didapatkan di toko toko dan sangat mudah untuk pemasangannya.
  4. Jika anda mempunyai rumah bertingkat, tempatkan benda benda yang besar dan yang berat di lantai paling bawah . Jangan biarkan benda benda yang besar atau berat berada diatas lemari. Benda benda tersebut akan lebih mudah jatuh saat gempa terjadi, ini dilakukan untuk menghindari kita tertimpa dari benda benda tersebut.
  5. Gunakan keset   anti slip ke benda benda berat  supaya tidak mudah bergeser. Sebagai contoh vas bunga besar yang terbuat dari bahan keramik, anda bisa menempatkan keset atau jenis kain artistik yang sifatnya anti slip dibawahnya.
  6. Jika anda mempunyai furniture yang agak tinggi, bila memungkinkan anda bisa memotongnya supaya lebih rendah.
  7. Jika anda mempunyai furniture atau hiasan hiasan yang mudah pecah seperti gelas hias, keramik dan botol botol antik, simpanlah benda benda tersebut ditempat tertutup pastikan pintu kabinet selalu tertutup untuk menghindari benda tersebut tercampak saat terjadi gempa. Hindari pemasangan pajangan terbuka yang dilengketkan di dinding yang tempatnya tinggi.  
  8.  Untuk hiasan dinding, patung, dan bingkai foto, pastikan terpasang kuat di dinding sehingga tidak mudah jatuh. Gunakan paku tambahan ataupun lem penguat bila diperlukan, untuk memastikan benda tersebut tidak gampang  jatuh bila terjadi gempa.
  9.  Foto foto dengan ukuran besar maupun kaca rias tidak diperbolehkan menggantung berdekatan dengan tempat tidur, dipan ataupun dekat tempat duduk.

 

Pengamanan Peralatan  Listrik :

  1. Lakukan pemeriksaan secara berkala terhadap instalasi listrik anda , lakukan perbaikan jika diperlukan. Ketika gempa bumi terjadi,  kabel terbuka  pada fitting, stop kontak dan saklar adalah sumber potensial terjadinya kebakaran. 
  2. Pastikan  perlatan listrik dan gas jika tidak terpakai  dalam kondisi mati , gempa selalu muncul tiba tiba. Bila ada peralatan elektronik yang tidak terpakai  dalam kondisi terhubung ke stop kontak segera dicabut.  
  3. Tambahkan peralatan pengaman untuk mengamankan barang barang elektronik supaya tidak mudah tergelincir. Karpet anti slip adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan dengan menempatkannya dibawah barang barang elektronik tersebut. Jika peralatan elektronik anda mempunyai dudukan kaki gunakan sepatu karet berbentuk cangkir dikaki nya.
  4. Hindari pemasangan lampu gantung hias dirumah anda. Jika memang harus menginginkannya, lampu gantung hias harus  dibuat dengan gantungan yang lebih kuat untuk menghindari lampu tersebut jatuh. Begitu juga dengan kipas angin gantung, anda harus memastikan pegangannya sudah terpasang dengan kuat.

 

Penyimpananan Barang Barang Yang Mudah Terbakar :

  1. Simpan barang barang yang mudah terbakar  seperti minyak tanah, lampu seprong, didalam lemari terkunci. Tempatkan barang barang tersebut di bagian paling bawah lemari.
  2. Tambahkan pengaman  untuk tabung gas yang diikatkan ke dinding untuk mengamankan bila kemungkinan terjatuh. Gunakan   rantai dan cantelaan kedinding sebagai pengaman.
  3. Gunakan fitting flexible di pipa gas anda. Jika anda kurang mengerti anda bisa menyerahkan ke tim yang mahir untuk pemasangannya. 

 

Mempelajari  bersama anggota keluarga apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi : 

  1. Memastikan tempat apa saja yang harus dituju dan tempat apa yang baik berlindung saat terjadi gempa  .  Anak anak harus diajarkan dan harus tahu apa yang dilakukan jika terjadi gempa.
  2. Identifikasi tempat tempat apa saja yang harus dilakukan untuk berlindung jika tidak sempat keluar, misalnya berlindung  bawah meja yang kuat.
  3. Pastikan anak anak anda bisa mengerti cara mematikan listrik, gas dan air. Dan juga berikan nomor nomor penting yang harus dihubungi jika terjadi gempa. Hal ini perlu anda lakukan bila anda tidak berada di rumah.
  4. Mintalah anggota keluarga anda  untuk memberi nomor nomor teman terdekat yang bisa dihubungi bila  keluar rumah, bilamana terjadi gempa dan anda tidak dalam satu tempat dengan mereka sehingga  anda bisa menghubunginya.

 

Menyediakan peralatan jika terjadi   bencana

Berikut adalah barang barang yang penting kita sediakan di rumah kita  untuk mengantisipasi bila mana terjadi bencana gempa, penempatan diusahakan ditengah ruangan :

  1. Lampu senter dengan beberapa cadangan, bila memungkinkan bisa  disediakan 1 untuk masing masing orang yang  tinggal dirumah.
  2. Radio portable dengan sitim power battery , juga disediakan battere cadangan.
  3. Menyediakan lampu dan radio  emergency, dimana daya tahan listrik cukup lama. 
  4. Sediakan dan gunakan tongkat SINAR. Peralatan ini  lebih aman daripada menggunakan lilin, ini sangat berguna bila anda berada dekat dengan   gas.
  5. Menyediakan Kotak P3K dan obat obatan
  6. Menyediakan makanan dan minuman  cadangan ( usahakan menyediakan  stock untuk  2 minggu) karena kemungkinan bantuan tidak dapat segera datang. 
  7. Sepatu pengaman untuk masing masing anggota keluarga. Bilamana akan dievakuasi, anda akan aman berjalan ditempat tempat yang telah rusak berat.

Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: