Cara Memotong Keramik

Ada beberapa  cara yang biasa dilakukan untuk memotong keramik.  Untuk pemotongan keramik dapat dilakukan secara manual  dengan menggunakan  penggaris keramik (scriber)   atau dengan cara menggunakan pemotong keramik (cutter) . Untuk pemakian, pemilihan kedua jenis alat tersebut  tergantung kepada keperluan dan jumlah keramik yang akan dipotong.

Pemotongan Keramik dengan cara menggunakan Penggaris Keramik  (Tile Scriber) :

  1. Berikan tanda  pada  bidang yang mau di potong di keramik, anda bisa menggunakan pensil untuk menggaris . Gunakan alat bantu penggaris besi supaya garis yang dibuat benar benar dalam garis lurus. Jika dilakukan pemotongan yang sama untuk keramik dalam jumlah yang banyak anda bisa membuatkan mal ukur untuk mempercepat penggarisan
  2. Periksa alat penggaris keramik yang digunakan, pastikan mata  penggaris keramik masih tajam. Pastikan pegangan (scored)masih dalam keadaan kuat.
  3. Letakkan keramik ditempat yang datar tapi dengan permukaan kuat, untuk lebih santai mengerjakannya anda bisa meletakkannya diatas meja yang kuat.
  4. Tempatkan penggaris besi di permukaan keramik yang akan dipotong. Pastikan pinggir penggaris sudah tepat di garis yang di buatkan di keramik, check ujung ke ujung hingga sesuai.
  5.  Buatlah posisi badan anda yang cukup enak untuk menarik garisan, jika anda sudah merasa nyaman  pegang alat pemotong dan tempatkan mata penggaris keramik di permukaan keramik dan tarik di sepanjang yang akan dipotongkan
  6. Kemudian tarik penggaris keramik dari ujung keujung dengan tetap  merapatkan mata pisau ke penggaris besi , dimana posisi penggaris besi harus tetap ditekan pada posisi garis.   Kedalaman mata pisau penggaris tergantung ketebalan keramik yang dipotong, tetapi harus dipastikan tarikan harus tetap dan tegas termasuk tekanan   mata penggaris  terhadap keramik. 
  7. Kemudian langkah yang dilakukan adalah pemisahan potongan dengan cara penenkanan. Dapat dilakukan dengan menempatkan keramik yang sudah digaris diatas papan pemotong yang sudah dipasang dengan kabel halus sebagai tanda. Kabel/ benang  ditempatkan diatas papan potong dan pastikan penempatannya sudah dalam garis lurus. 
  8. Keramik ditempatkan  di atas papan, dengan tanda yang sudah dibuatkan diluruskan dengan kabel, Kemudian keduan pinggir permukaan keramik ditekan bersamaan. Jika  dilakukan dengan sempurna maka keramik akan terpisah disepanjang garis yang telah dibuatkan dengan hasil potongan yang bagus.

Posedure ini mungkin dapat anda lakukan untuk pekerjaan kecil yang dialakukan sendiri dimana metode ini akan menghabiskan waktu yang sangat lama, baik saat menggaris, menyusun dan saat mematahkan keramik.  Untuk pekerjaan besar disarankan anda menggunakan Cutter .

 Pemotongan keramik menggunakan Pemotong Keramik (Tile Cutter ) :

    1. Berikan tanda  pada  bidang yang mau di potong di keramik, anda bisa menggunakan pensil untuk menggaris . Gunakan alat bantu penggaris besi supaya garis yang dibuat benar benar dalam garis lurus. Jika dilakukan pemotongan yang sama untuk keramik dalam jumlah yang banyak anda bisa membuatkan mal ukur untuk mempercepat penggarisan.

    2. Periksa alat pemotong  keramik yang digunakan, pastikan mata  penggaris keramik masih tajam. Pastikan pegangan semua alat penjepit  dan penahan pada peralatan berfungsi dengan sempurna.  

    3. Tempatkan perlatan dibidang yang datar dan kuat. Atur penempatan dan posisinya supaya pekerjaan dapat nyaman. Setelah anda dapatkan anda dapat memulai untuk pemotongan

    4. Tempatkan keramik di alat pemotong keramik , kemudian luruskan dengan pegangan mata pisau pemotong (untuk memastikan mata pisau pemotong dengan garis dalam keramik biasannya ada tanda di peralatan, biasanya sudut tegak keramik). Jika anda akan memotong dalam jumlah yang banyak dengan ukuran yang sama, anda dapat menguncinya supaya memeprcepat pemotongan.

    5. Kemudian  atur posisi alat panahan batas  keramik, dan  harus dipastikan sudah dalam keadaan baik dan kuat.

    6. Tempatkan mata pisau pemotong keramik di tempat paling jauh dari  pinggir keramik dan kemudian tarik sepanjang yang akan dipotong dengan menekan di permuakaan keramik.

    7. Jika  sudah ditarik penuh, gunakan kaki penekan yang ada di alat pemotong. Tekan keramik ke bawah sampai keramik terpotong sepanjang garis yang dibuatkan.

Adalah penting untuk diperhatikan bahwa alat pemotong keramik diatas didesain untuk penggunaan pemotongan lurus dan biasanya dipergunakan untuk jenis kermik  yang bahannya dari tanah liat dengan lapisan gelas yang tipis. Sehingga alat ini dianjurkan jangan   dipakai untuk memotong batu, porselin yang padat/padu atau jenis keramik yang bukan berbahan gelas, untuk kermaik jenis tersebut  dianjurkan mengggunakan grenda keramik .

Tips :

  1. Saat pemotongan keramik dianjurkan  selalu menggunakan pakaian dan pelindung keselamatan yang diisyaratkan . Gunakan sarung tangan, masker penutup mulut  dan jangan lupa menyediakan obat P3K.
  2. Jika anda melakukanpemotongan dirumah yang sudah ditempati, lakukan pemotongan diluar rumah.
  3. Sisa keramik yang sudah dipotong  jangan langsung dibuang, anda bisa mempergunakannya dengan mengaturnya sebagai bentuk hiasan ditaman anda.

Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: