Membuat vertical garden

Vertical Garden saat ini sangat popular sebagai dekorasi dan penyekat dinding, dengan  pengisian vertical garden dengan tanaman tanaman yang cantik dan beraneka warna akan membuat dinding semakin menawan walaupun taman yang dibuat dengan ukuran kecil. Vertical Garden adalah konsep yang sedang tumbuh dan semakin populer berdasarkan ilmu ekologi.   Konsep ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pelaksanan hidroponik dimana dilakuka dengan cara membuat tanah  secara aktual berdiri pada sebuah dinding dan menjadi tempat berdirinya bagi akar akar tanaman yang akan memenuhi pertumbuahan tanaman selama berada di dinding vertical  sebagaimana layaknya tanaman yang tumbuh di tanah secara mendatar. 

Kita dapat membuat sendiri vertical garden  dengan kreasi anda sendiri,  disamping  mengubah dinding rumah  yang skelihatan  membosankan maka dengan membuat kreasi tanaman pada posisi vertical maka dinding rumah akan kelihatan menjadi taman mewah ,  kita juga dapat menanam sayuran sayuran maupun  buah  yang dapat dijadikan sebagai makanan. Memang  secara  umum proses pembuatan  vertical garden memerlukan biaya dan butuh kerja keras untuk merawat dan memeliharanya,  tetapi kita dapat membuatnya  dengan bentuk sederhana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Bentuk dan sistim pembuatan vertical garden dapat dibuat dalam berbagai macam tergantung kepada penempatan, luas area dan bahan yang akan digunakan.

 

 

 Sistim Bingkai Bertingkat.

Pembuatan vertical garden jenis ini dapat dilakukan dengan  cara sederhana dengan membuat bingkai dalam tingkatan tingkatan keatas yang ditujukan akan menjadi tempat pot sebagi media tanam dari tumbuhan. Dapat dilakukan dengan cara membuat struktur yang terbuat dari bahan balok kayu, single panel ataupun dengan merakit bahan metal atau besi. Biasanya jenis ini ditempatkan diluar bangunan rumah.   Vertical garden juga harus diperhitungkan secara konstruksi karena beban yang terdapat dalam vertical garden sangat berat. Jika sistim pengairan dilakukan secara manual maka perlu diperhatikan supaya tingakatan yang dibuat jangan terlalu tinggi supaya tidak menyulitkan sewaktu penyiraman. Pembuatan kotak harus diatur sesuai dengan jenis tanaman yang akan di tanam supaya pertumbuhan dapat berjalan dengan baik. Jarak antar tingkatan harus diperhitungkan dengan ketinggian maksimum dari tanaman jika sudah besar. Dengan pembuatan beberapa pot yang sesuai dengan ukuran tingkatan yang kita buat, dengan mengisi tanah dan kompos sebagai media tanam, maka kita sudah dapat menanam tanaman yang kita inginkan.

 Sistim Bingkai Gantung

 Sistim bingkai gantung dapat dilakukan dengan membuat bingkai sebagai dasar untuk penempatan media  vertical garden. Bingkai dapat dibuat dari bahan kayu yang kuat atau tahan terhadap air dan dapat juga dibuat dari bahan metal atau besi. Ukuran dapat kita buat sesua dengan keinginan kita. Bagian bagian dari sitim bingkai gantung ini adalah bingkai, backboard yang bisa dibuat dari papan atau tripleks yang ditempelkan pada bagian belakang bingkai , kemudian kain karpet untuk menahan kompos dan   kemudian lembaran penutup yang terbuat dari kawat penahan. Penanaman tanaman dapat dilakukan dengan cara membuat lubang pada titik mana tanaman akan ditanam sesuai dengan pola yang kita inginkan.  Untuk pengolahan air utnuk tanaman  dapat dibuat sistim irigasi terhadap masing masing kotak yang saling berhubungan. Sistim irigasi terhadap kotak dapat digunakan dengan membuat sistim pemompaan yang dialirkan melalui selang atau pipa kecil, tapi kita harus memperhatikan tekanan air oleh pompa yang mengalir tidak terlalu besar. Tapi dalam secara sederhana, penyirman secara manual dapat juga dilakukan.

 Sistim Modular

Sistim modul ini adalah cara yang bisa dilakukan dengan lebih cepat karena modul  ini telah banyak dijual dalam bentuk kotak dalam bentuk yang sudah jadi dan siap untuk dipakai, dimana mulai dari tempat penanaman tanaman dan sistim irigasi sudah lengkap tersedia dalam modulnya.   Modul yang dijual dipasaran  didesain bagaimana supaya penanman dapat lebih cepat, sistim penggantungan yang mudah dan pemeliharaan dapat dilakukan dengan sederhana.   Sistimi modular ini cocok dipakai untuk didalam ruangan maupun diluar ruangan.

Modul atau media yang bisa digunakan sebagai wadah atau temapat untuk menanam tanaman vertical garden yang terbuat sistim modular mempunyai ukuran 50 x 40 cm dengan kedalaman kira kira 9 cm. Sebuah modul terdiri dari :

  • bingkai bagian luar dari bahan metal (outer metal),
  • bagian kawah  (tray grow) untuk tempat penanaman tanaman
  • penutup kawah
  • lubang dan saluran sistim pengairan
  • Untuk memastikan setiap distribusi tanaman di vertical garden,  secara internal dalam 4 bagian yang masing masing mempunyai 2 arah aliran yaitu  untuk air masuk dan air yang keluar. 

Modular system adalah sebuah cara paling sederhana dan mudah untuk digunakan dan dapat  disesuaikan pada  ruang yang secukupnya  pada lahan yang tersedia. 

Sistim Karpet

Untuk sistim ini, biasanya digunakan untuk vertical garden dalam bentuk besar . Bagian sistim ini terdiri dari bingkai  dapat dibuat dari bingkai metal  tetapi bingkai dapat juga dibuat dari kayu yang tahan terhadap aliran air. Lembaran penyokong, terbuat dari bahan plastic (PVC) adalah pilihan yang dianjurkan tetapi dapat diganti dengan bahan yang baik misalnya menggunakan wire mesh atau sejenis stainless steel seperti bahan pembuat pagar BRC . Lembaran Penggantung,  menggunakan lapisan kain tipis dari bahan karpet atau kain sintetis sebagai penahan tanah.

 

Dari sitim tersebut, dengan penggabungan beberapa modul maka kita dapat membuatnya dalam ukuran besar sesuai dengan yang kita inginkan. Kita dapat membuat dinding maupun ruangan kita benar benar menarik dan cantik.

Semoga bermanfaat !!!

 

 

  1. #1 by Ahmad Fauzan on December 4, 2011 - 10:05 am

    sip! thx atas guidenya

  2. #2 by abby on January 17, 2012 - 3:05 am

    aGku iNgin cOba VERTICAL GARDEN dI rumah

  3. #3 by aim huzaimah on March 30, 2012 - 1:46 am

    vertikal varden is very cool

  4. #4 by yuni@ulia on October 12, 2012 - 2:54 am

    Saya sangat tertarik dgn vega dan ingin membuatnya. Dimana saya bisa mendapatkan peralatan untuk membuat vega di Pekanbaru?

    • #5 by khedanta on December 4, 2012 - 4:46 am

      buat teman teman yang di pekanbaru mungkin bisa bantu bu yuni…..

  5. #6 by Arief on October 12, 2012 - 6:47 am

    Pengen nyoba

  6. #7 by jalu on March 19, 2013 - 7:58 am

    Menarik sekali….utk pengairan rutin perlu alat khusus…coba dg water timer di selangit.com….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: