Cara membuat layar kawat nyamuk untuk jendela dan ventilasi

Sebagian besar jendela dan ventilasi  yang baru kita pasang adalah hanya terdiri dari daun jendela dan daun ventilasi saja. Kemungkinan besar bagi kita yang tinggal di daerah tertentu menghadapi kendala banyaknya nyamuk yang ada disekeliling tempat tinggal kita. Untuk sirkulasi udara pada malam hari   kadang kita perlu membuka jendela, tapi pada saat itu kita juga khawatir terhadap nyamuk yang masuk kerumah kita. Untuk menghadapi hal tersebut hal yang bisa kita lakukan adalah memasang layar kawat nyamuk di jendela maupun di ventilasi   kita. 

Dalam hal ini untuk memasang kwat nyamuk di jendela/ pintu rumah kita, dapat kita lakukan sendiri dengan cara sederhana, dimana layar kawat nyamuk tersebut dapat kita buka pasang untuk proses pembersihan.

Satu keuntungan yang kita dapatkan dengan mengerjakan sendiri adah bahwa kita dapat menghemat biaya karena dapat dikerjakan dengan mudah, dimana hanya memerlukan bahan dan peralatan sederhana saja.

Bahan yang dipergunakan :

  1. Kawat Nyamuk ( banyak dijumpai dalam berbagai jenis : plastik, kawat dan aluminium)
  2. Kayu ukuran   2 x 3 cm
  3. Lat Kayu
  4. Paku Kecil
  5. Paku payung
  6. Paku Tripleks
  7. Cat Minyak

Peralatan yang diperlukan :

  1. Gergaji Kayu
  2. Gergaji Besi
  3. Gunting Besi
  4. Palu Kecil
  5. Serutan (jika kayu yang anda beli masih dalam kondisi kasar
  6. Amplas
  7. Kuas

Setelah Anda telah membeli bahan dan menyediakan peralatan yang diperlukan  , anda dapat  mengikuti petunjuk rinci yang tercantum di bawah ini untuk memasang layar kawat nyamuk anda.

  1. Tentukan jenis layar anda ingin membuat sebelum memulai.  Ini akan membantu Anda menentukan tinggi dan lebar frame yang dibutuhkan. Hal yang sangat penting anda lakukan adalah mengukur dengan teliti ukuran bagian yang akan dipasangkan kawat nyamuk  baik di jendela maupun ventilasi anda.
  2. Untuk kawat nyamuk yang akan dipasangkan dengan jenis buka pasang, maka bingkai akan dipasangkan di dalam kosen jendela atau ventilasi. Lakukan pengukuran dengan teliti  pada jarak dalam antar kusen baik lebar dan tingginya supaya bingkai kawat nyamuk bisa pas terpasang pada jendela ataupun ventilasi anda. Ukuran dalam yang anda ukur (baik arah lebar dan arah tinggi), menjadi ukuran luar terhadap bingkai layar kawat nyamuk yang akan dipasangkan.  
  3. Untuk ukuran bingkai  (jarak luar bingkai), anda harus mengurangi 2-3 mm dari ukuran dalam bagian lebar dan tinggi kusen supaya bingkai dapat mudah masuk (jika ukuran terlalu banyak dikurangi maka kemungkinan bingkai akan mudah goyang atau terjatuh).

  4. Setelah anda mendapatkan ukuran yang pasti, selanjutnya adalah melakukan pemotongan kayu ukuran 2 x 3 m sebagai bingkai / frame layar kawat nyamuk. Pastikan bahwa kayu  dipotong dengan  pengukuran yang tepat.  Ukur potongan bingkai sepanjang tepi luar .  Setelah terpotong, lakukan pembentukan sudut dengan memotong menggunakan gergaji besi , sudut yang dibuat adalah  45 derajat pada ujung semua ujung dengan arah sudut yang berlawanan pada masing masing ujung.  Pastikan bahwa semua sudut berbentuk  45 derajat .  Setelah terbentuk lakukan pembersihan  tepi kasar dengan amplas.

  5. Setelah kayu terpotong , lakukan pemasangan bingkai secara bersama-sama pada keempat sisi  sehingga mereka membentuk persegi panjang.  Pasang jepitan sudut ke sudut bingkai  agar bingkai terikat secara bersama-sama. Kemudian pakukan setiap sudut dengan paku kecil dengan menggunakan palu kecil yang anda miliki. Untuk memastikan bingkai sudah sesuai ukuran jendela atau ventilasi anda, anda bisa mencocokkannya ke ruang jendela atau ventilasi yang akan dipasangkan.

  6. Setelah bingkai terikat dengan kuat, selanjutnya lebarkan kawat nyamuk yang sudah anda beli diatas bingkai yang sudah terpasang. Pastikan lebar kawat yang anda beli cukup pada bingkai.

  7.  Pakukan paku payung kecil pada salah satu sisi kawat nyamuk pada satu sisi bingkai, kemudian tambahkan beberapa paku pada titik lainnya, kemudian secara perlahan tarik kawat nyamuk kearah sisi lainnya untuk meregangkan kawat. Kemudian pakukan pada beberapa titik.

  8. Setelah kawat nyamuk sudah terikat pada keempat sisi, lakukan pengecekan bahwa kawat nyamuk sudah betul betul tegang ke semua arah. Selanjutnya anda melakukan pemotongan kawat nyamuk di semua sisi. Lakukan pemtoongan dengan mengusahakan kawat nyamuk tidak sampai keluar dari pinggir bingkai kayu. 

  9. Setelah kawat nyamuk sudah terpotong selanjutnya adalah penjepitan lat kayu pada keempat sisi untuk menjepit semua permukaan tepi kawat nyamuk. Lakukan pengukuran yang teliti supaya lat kayu tidak melebihi panjang pingkai yang ada. Kemudian pakukan lat kayu dengan paku tripleks pada pinggir masing masing pinggir bingkai. Harus diperhatikan pinggir luar lat kayu tidak boleh melebihi bingkai. Setelah selesai cocokkan kembali ke jendela atau ventilasi yang akan dipasangkan.

  10. Jika layar kawat nyamuk anda sudah selesai , selanjutnya adalah melakukan pengecatan bingkai. Pilih warna yang menarik atau sesuaikan dengan warna kusen dan jendela yang anda miliki. Lakuka pengecatan secar hati hati sehingga anda akan mendapatkan dengan sempurna. Tunggu hingga pengecatan sampai kering setelah itu anda sudah siap untuk memasangkan layar kawat nyamuk yang sudah anda miliki.

Luangkan sedikit waktu anda untuk mendapatkan layar kawat nyamuk buatan anda  sendiri. Dengan energi yang dihabiskan dan  melakukannya sendiri, anda akan menikamati udara luar masuk kerumah anda tanpa takut dengan nyamuk!

Selamat mencoba!!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: