Pahat

Pahat merupakan salah satu alat yang sangat penting dipergunakan dalam bangunan terutama untuk pekerjaan kayu, selain itu terdapat juga jenis pahat batu yang biasa dipergunakan untuk pelubangan atau pembongkaran bagian yang berhubungan dengan pekerjaan beton atau dinding batu. Secara asal-usulnya pahat ini sudah dipergunakan oleh manusia  mulai jaman batu sebagai bahan penggali atau pelubang dengan menggunakan batu yang tajam digunakan untuk mengukir kayu di zaman prasejarah, dan seiring perubahan jaman pahat tetap dipergunakan dalam berbagai bentuk dan berbagai fungsi.

Meskipun ada ratusan jenis bentuk pahat, semua jenis pahat dipergunakan  pada dasar penggunaan yang sama yaitu bermata tajam yang dapat disatukan dengan pegangan yang dibuat khusus untuk membantu dalam pemakaian.  

Jenis pahat:

 Berbagai jenis pahat dibuat dari besi padu yang dibentuk  dengan menggunakan mesin bubut. Bentuk biasanya dibuat  dalam bentuk persegi dimana ukuran panjang, lebar dan tebal dalam berbagai macam untuk penggunaan, dengan ujung dibentuk  tajam. Kemudian sebagai pegangan yang dikaitkan pada pisau pahat biasanya menggunakan kayu dan saat ini sudah ada yang dibuat dari bahan plastik padu. Pisau pahat biasanya  mempunyai ukuran panjang 4 sampai 7 inci , dengan sekitar 20-25 derajat kemiringan ujung mata pisau , dan seterusnya berbentuk datar.

Pahat Konstruksi:

Pisau pahat bermata tajam dibuat berbentuk runcing  di bagian atas untuk menyambung ke pegangan, yang biasanya terbuat dari kayu atau plastik . Pahat dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Fungsi dan  Cara Menggunakan Pahat :

Fungsi penggunaan pahat adalah untuk memotong , mengupas dan pembuatan lubang terhadap suatu benda yang bisanya dipergunakan terhadap kayu atau beton, Anda harus menempatkan sisi datar dari pahat terhadap objek yang akan di pahat. Pegang gagang pahat dengan kuat menggunakan satu tangan dengan jari telunjuk Anda mengarahkan mata pisau. Gunakan tangan satu lagi  untuk memukul pahat  dengan memegang pisau antara ibu jari dan jari telunjuk.

Ambil posisi yang rileks di depan benda kerja dengan berat badan anda merata dan sejajar pahat. Gunakan berat badan anda untuk memudahkan pemahatan objek yang akan di pahat.

Jika anda membutuhkan pukulan yang lebih kuat, gunakan  palu kayu , hindari menggunakan palu besi, karena dapat merusak pahat.

Perawatan pahat :

Hindari menyimpan pahat di dalam laci tanpa penutup pengaman mata pisau, di mana jika terdapat banyak jenis benda dari bahan besi dikhawatirkan bisa sering bersinggungan , sehingga menumpulkan ujung mata pisau pahat. Penyimpanan  yang lebih baik adalah untuk menggantung pahat  pada rak atau laci dengan garis pembagi untuk benturan dengan benda lain.

Untuk benar mempertajam pahat, menggunakan batu asah yang standard. Anda mungkin perlu secara teratur  mengasah sisi datar untuk menjaga ketajaman mata pahat teratur dengan baik.

Keamanan Pemakain Pahat :

Keselamatan utama pemakaian pahat adalah untuk menjaga  ketajaman mata pahat.  Mata  pahat yang tidak tajam apalagi sudah berkarat adalah berbahaya, karena akan membutuhkan lebih banyak tenaga saat pemahatan.

Hati hati penempatan tangan dan jari anda saat melakukan pemahatan untuk menghindari luka saat pemahatan.

 

Semoga bermanfaat !!!

  1. #1 by alatpahat on September 23, 2012 - 3:55 am

    Kami melayani pembelian alat pahat dengan berbagai jenis dan bahan.
    Alamat : Toko “Barokah Bersama” Jl. Pesajen No. 1 Demaan Jepara.
    HP: 081228211718 / 087831700360
    untuk lebih jelas tentang kami serta produk alat pahat yang kami tawarkan, kunjungi kami di :
    http://www.alatukir.blogspot.com
    http://www.alatpahat.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: