Paving Blok untuk bangunan

Pemakaian paving blok sebagai material penutup permukaan bangunan selama 20 tahun terakhir semakin banyak dipergunakan. Teknik produksi massal  yang semakin baik  sehinga produksi paving blok semakin mudah didapatkan dan membuat harga paving blok semakin terjangkau oleh masyarakat. Sehingga saat ini pemakain paving blok semakin banyak dipergunakan untuk penutup permukaan halaman dan juga sebagai bahan penutup permukaan jalan. 

Paving Blok dapat digunakan di mana saja dengan persyaratan tanah dasar yang sudah dikuatkan dan dalam bentuk permukaan yang cukup rata untuk pemasangan paving blok. Ketika paving sudah selesai dipasangkan maka akan kelihatan cukup hebat dan mempunyai daya tahan yang cukup kuat.  Paving blok  dapat dibentuk  untuk menghasilkan  efek yang menarik baik  sebagai jalur, atau teras, atau dicampur dengan jenis paving lain untuk menciptakan sebuah fitur unik. Paving blok adalah alternatif untuk pengganti  aspal yang lebih tradisional atau  jenis jalan yang menggunakan makadam, dan terlihat jauh lebih baik daripada tarmacadam ataupun rabat beton . Saat ini paving blok  bahkan digunakan di daerah-daerah beban berat, seperti pelataran parkir, dermaga dan jalan umum.  

Jenis Paving Blok

Ada dua tipe dasar dari paving blok, paving blok press  dan paving blok cetak manual. Paving blok yang tersedia dalam berbagai ketebalan, dari  tebal 4 cm sampai tebal 10 cm. Bahkan saat ini sudah diproduksi dengan ketebalan 12 cm  untuk aplikasi beban yang sanat berat,  tetapi biasanya jenis ini diproduksi hanya berdasarkan pesanan khusus saja!

Dari segi ketebalan pemakain paving blok adalah :

  1.  Untuk penggunaan biasa yaitu untuk penggunaan penutup halaman, tebal anatar 4 – 6 cm. Khusus untuk tebal 4 cm biasanya sudah jarang diproduksi karena sangat mudah rusak.
  2. Untuk penggunaan jalan dengan beban berat ringan , tebal 8 cm.
  3. Untuk pelataran beban berat misalanya parkiran, pelabuhan dan bandara menggunakan tebal 10 cm

Walaupun saat ini paving blok diproduksi dalam berbagai bentuk model, kebanyakan paving blok persegi panjang yang  diproduksi adalah ukuran 10 x 20 cm dengan variasi ketebalan, kebutuhan untuk 1 meter persegi adalah 50 buah.

Karena  ukuran yang standar, paving blok dari produsen yang berbeda dapat dipertukarkan, tergantung pada toleransi dan posisi bentuk kesikuan dari permukaan. Paving blok persegi panjang   cenderung memiliki permukaan yang sergam dan rapi, meskipun beberapa terdapat adanya permukaan yang cacat, tapi dengan metode pemasangan yang mudah sehingga penggantian paving sangat cdepat dilaksanakan. 

Warna paving blok didaptkan  dengan menggunakan pewarna beton, biasanya beberapa bentuk oksida logam. Bahkan pewarna terbaik sangat sulit memudar  dan kualitas pewarna adalah faktor yang signifikan dalam harga paving blok. Paving blok lebih murah biasanya  menggunakan bahan pewarna kualitas rendah.Sehingga anda harus hati hati saat anda memilih produsen pembelian paving blok yang anda butuhkan. 

Proses pewarnaan paving blok

Ada dua  metode yang  digunakan untuk menghasilkan warna  pada paving blok.

Metode  pertama, yang dikenal sebagai ‘pewarnaan’, sifatnya hanya memberikan warna pada permukaan atas yang akan terlihat setelah paving dicetak.

Metode kedua adalah dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai “Mix Wajah”, di mana pewarnaan dilakukan  dengan pemberian warna pada  ‘campuran dasar’ lapisan pertama ditempatkan ke dalam cetakan, sebagian ditekan dan kemudian lapisan berikutnya dengan kualitas tinggi . Kemudian seluruhnya ditekan dan dipadatkan.

 

Pilihan pemasangan Paving Blok

Beberapa pilihan desain pemasangan paving blok yang sering dilakukan adalah seperti gambar dibawah ini :

 Jenis pemasangan yang biasa dilakukan adalah :

1. Penyusunan miring 45 derajat

2. Penyusunan Siku

3. Penysunan bentuk tikar

4. Penyusunan susun bat

 

Pemeliharaan

Pemeliharaan sehari hari yang perlu dilakukan adalah membersihkan permukaan paving blok dengan menyapu paving blok  untuk menghilangkan debu. Jika anda menemukan ganggang hijau atau sejenis rerumputan diantara paving blok  , lakukan pembersihan dengan menyikat ganggang  dan memberi obat untuk membunuh ganggang, dan juga rerumputan harus segera dicabut. Hal ini untuk menghindari jangan sampai akar rerumputan bertumbuh di paving sehingga akan cepat merusak paving blok. Tetap menchek permukaan paving blok jangan sampai lama tergenang oleh air. Segera perbaiki sistim drainase karena jika paving terlalu lama terendam oleh air maka akan melemahkan kekuatan paving blok.

Dianjurkan supaya paving blok dua kali setahun diberikan obat pembunuh rumput-rumputan umum seperti natrium klorat, untuk mencegah lumut dan gulma tinggal di sendi pasir.

Semoga bermanfaat !!!

  1. #1 by ummy on January 4, 2012 - 6:34 am

    Salam kenal,

    Mohon rekomendasi penyedia paving block warna, terima kasih

    • #2 by miyong on July 9, 2013 - 6:09 am

      sore bu..mau tanya pewarnanya pake apa ya bu kira2 gampang luncur gak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: