Bagaimana Merencanakan Bangunan Rumah Baru ?

Bagi anda yang ingin membangun rumah baru, perlu mempersiapkannya secara matang dimana rumah yang anda bangun menjadi sebuah rumah yang sesuai dengan kebutuhan anda dan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Dimana dalam persiapan tersebut anda perlu mempelajari langkah langkah membangun sebuah rumah.

Hal pertama adalah anda perlu menyusun rencana bentuk rumah yang anda inginkan. Dalam hal ini anda perlu membuat sebuah gambar perencanaan. Anda perlu berkonsultasi dengan sebuah konsultan perencana atau setidaknya seorang professional yang sudah biasa dalam mendesain sebuah rumah.
Dalam pernecanaan ini anda memberikan gagasan dan ide yang anda inginkan , berilah point-point utama yang sangat anda inginkan sesuai dengan rumah impian anda misalnya posisi rumah, bentuk rumah, jumlah kamar, letak dapur dan hal hal lainnya. Gagasan dan keinginan anda tentu akan ditampung oleh si perencana dan si perencana akan memberikan pertimbangan – pertimbangan berdasarkan nilai nilai arsitektur, nilai kekuatan bangunan , luas tanah yang anda miliki dan hal yang paling utama adalah nilai biaya konstruksi bangunan rumah yang dibangun.

Dalam hal ini , anda juga harus memastikan kepada si perencana tersebut supaya membuatkan Rencana Anggaran Biaya rumah yang akan dibangun, keuntungan dari anggaran biaya ini anda dapat mengatur keadaan keuangan anda. Dan juga dengan adanya RAB ini anda dapat mengatur schedule pengeluaran yang akan bayarkan selama proses pembangunan rumah anda.

Menghasilkan sebuah perhitungan biaya bangunan dapat dijabarkan berdasarkan perhitungan yang matang. Banyak faktor penilaian yang harus diperhatikan dalam menghitung biaya bangunan antara lain adalah :

1. Upah Kerja
2. Material
3. Peralatan
4. Perizinan
5. Fasilitas Pendukung Lainnya

Adalah lebih bagus untuk mengikutsertakan ‘’faktor lainnya’’ didalam membuat suatu perhitungan anggaran biaya bangunan daripada menjadi biaya tak terduga yang cukup besar saat pekerjaan sedang dan akan berlangsung hingga biaya tersebut muncul dalam nilai yang cukup besar diakhir pekerjaan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan membangun rumah :

1. Mempelajari langkah langkah membangun sebuah rumah.
Disini diperlukan menyusun fungsi, bentuk, keadaan lokasi/letak tanah dan nilai arsitektur yang diinginkan
2. Membuat gambar perencanaan.
Merencanakan rumah yang dinginkan dapat digambarkan dalam sebuah gambar rencana dimana bentuk rumah yang dinginkan dan kemampuan keuangan akan diselaraskan dalam gambar recana.
3. Struktur dan Jenis Material
Jenis struktur dan material dalam bangunan yang diinginkan adalah menjadi penentu dalam biaya membangun rumah. Sebagai contoh biaya bangunan dengan struktur kayu dan struktur beton tentu akan berbeda . Contoh lainnya adalah ketika anda akan memilih lantai keramik tentu type, bahan dan corak yang berbeda akan mempengaruhi harga materialnya.
4. Waktu . Anda perlu memperhitungan waktu yang diinginkan dalam membangun rumah karena juga akan mempengaruhi perhitungan biaya.
5. Tenaga Kerja. Anda harus memperhatikan siapa yang akan mengerjakan dimana tenaga kerja sangat mempengaruhi biaya.

 

Tips :

1. Dapatkan sebuah desain rumah yang sesuai dengan selera dan visi anda.
2. Putuskan type material yang sangat diharapkan ( termasuk jenis lantai, pintu, jendela, atap dll), dapatkan harga standar dari masing masing material, anda bisa mendapatkannya dari supplier bahan bahan bangunan rumah.
3. Putuskan siapa kontraktor yang akan mengerjakannya. Anda dapat mengkosultasikannya terlebih dahulu dengan kotntraktor yang anda rasa sudah berpengalaman, Dan bisa dilakukan dengan menunjuk beberapa kontraktor, dimana anda menunjuk sebuah kontraktor utama untuk pekerjaan struktur utama dan kemudian anda menunjuk ke kontraktor lainnya untuk pekerjaan pekerjaan yang lebih spesialis misalnya untuk pekerjaan listrik, atap, dekoratif, pengecatan dan lainnya.
4. Dapatkan harga penawaran dari masing masing kontraktor yang diinginkan. Jika anda menggunakan kontraktor utama adalah lebih subtansial untuk mendapatkan total biaya pekerjaan bangunan.
5. Lakukanlah pengontrolan saat pembanguanan rumah anda berlangsung. Dimana anda dapat mengecek apakah rumah yang anda bangun sesuai dengan gambar rencana yang anda inginkan. Dan juga anda dapat menchek pemakaian material material yang terpakai. Dan bilamana saat pekerjaan sedang berlangsung dimana anda ingin merubah suatu bentuk bagian rumah misalnya pemindahan posisi kamar yang kurang pas dengan selera anda, segeralah lakukan konsultasi dengan pihak perencana.
6. Bilamana anda kurang mengerti tentang teknis membangun rumah, anda perlu menunjuk seseorang yang bisa mengawasi pembangunan rumah tersebut.
7. Lakukan administartif pengeluaran anda secara baik . Sehingga anda dapat mengechek jumlah keselurahan biaya yang sudah anda keluarkan. Bilamana anda tidak mempunyai waktu yang cukup, tunjuk lah seseorang yang bisa menyimpan file file segala bentuk pengeluaran anda.

Semoga bermanfaat!.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: