Konsep Rumah Hijau…. Mari menyelamatkan Bumi

Meningkatnya efek dari pemanasan global yang mengakibatkan bumi semakin panas dan buruk bagi kehidupan mahluk hidup di planet ini dimana adanya perubahan iklim tropis yang semakin tidak menentu sehingga menimbulkan beberapa bencana alam di muka bumi ini.

Langkah langkah yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mengurangi efek pemanasan global tersebut dapat dialakukan dengan beberapa cara. Secara global dan secara bersama sama pola hidup yang perlu dilakukan oleh manusia untuk mengurangi efek pemansan global adalah :

• pengurangan pemakaian material yang dapat menyebabkan adanya pemanasan global
• penanaman hutan kembali,
• daur ulang sampah untuk mengahsilkan bahan bakar pengganti dengan pemakaian bahan bakar alternative, yang ramah lingkungan

Didalam kondisi yang berjalan saat ini secara umum seluruh lapisan masyarkat harus ikut serta merta bertanggung jawab untuk menyelamatkannya dimana dalam skala yang cukup besar dapat dilakukan seperti peremajaan hutan dan dalam secara kecil dapat dilakukan oleh masyarakat khususnya di lingkungannya masing masing.
Sebagai contoh yang dapat dialkuakan oleh manusia di dalam kehidupannya yang paling dekat adalah dengan melakukan konsep dekorasi interior juga dapat dilakukan mengurangi efek pemanasan global dengan menggunakan konsep rumah hijau (green house).
Konsep rumah hijau dapat diaplikasikan dengan mendesain rumah tinggal, dimana dapat dilakukan dengan sebuah konsep dinding hijau yang dinamakan Vertical Garden , atau dapat juga dilakukan menggunakan tanaman untuk menutupi dinding bangunan baik dinding vertical maupun lantai horizontal.

Manfaat tanaman tanaman hijau di permukaan vertical bangunan adalah :
• efektif untuk mengurangi suhu didalam ruangan
• juga berfungsi sebagai peredam kebisingn dari luar ruangan
• mengurangi polusi udara dari sekitar lingkungan
Konsep tersebut dapat anda lakukan secara mudah, sebagai contoh tempatkan tanaman atau hiasan bunga diatas meja atau sediakan tempat khusus untuk tanaman di ruangan keluarga. Itu adalah pemikiran sederhana yang perlu dipikirkan dan dilakukan oleh masing masing orang dan nantinya akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.
Keuntungan lain yang akan didapatkan dari konsep rumah hijau adalah :
• Tanaman dapat berperan sebagai penyerap suara,
• Secara istimewa menjadi saringan udara untuk meningkatkan kualitas udara.
• Mengurangi perubahan panas, menciptakan micro-climates yang akan membantu perubahan iklim secara menyeluruh
• Mengatur perubahan musim hujan, menyerap 45-75% dari volume air hujan,
• Berfungsi untuk mengayaring air alami dan menjadi penengah suhu dari air,
• Secara alamiah akan menjadi pembatu bagi kehidupan binatang di alam.
• Efek positif lainnya adalah dapat mengurangi suhu panas didalam ruangan, sebab tanaman dapat mengurangi pemanasan efek dari radiasi matahari.
• Sirkulasi udara akan dialirkan secara terus menerus
• Disamping itu kebisingan dari luar ruangan dapat juga dikurangi karena diserap oleh tanaman yang ada.

Dan dalam desain rumah secara menyeluruh, dapat mengaplikasikan beberapa konsep green house yaitu :

Structural Insulated Panels Systems (SIPS)
Digunakan untuk dinding luar bangunan dan juga untuk struktur atap, panel ini mempunyai daya tahan yang tinggi sebagai penyekat dan material yang mempunyai keketatan yang tinggi terhadap pengaruh udara. Bentuk material panel ini adalah pre-cut (dibentuk) di pabrik dan siap pasang dilapangan , dimana ditujukan untuk mengurangi pemborosan material yang tidak terpakai dilapangan.

Solar Photovoltaic Panels
Solar PV panels dapt ditempatkan diatap rumah. Karena juga berfungsi sebagai atap dan sebagai sumber listrik, atap ini memang cukup mahal.

Rainwater Harvesting system
Tabung yang berfungsi untuk menampung air yang ditempatkan di bawah lantai (biasanya digunakan untuk menampung air hujan dan air bawah tanah), dimana air tampungan ini digunakan untuk pemakaian pembersihan kamar mandi, air cuci, pembersihan mobil dan cuga untuk penyiraman tanaman.

Heat Recovery Ventilator (HRV)
Ventilator yang berfungsi untuk mengatur aliran udara di ruangan/ rumah untuk menghasilkan udara yang lebih segar . Product ini sangat membantu untuk mengurangi pemakaian tenaga listri bila dibandingkan menggunakan AC.

Radiant Heat Floor
Suatu metode jenis lantai yang dapat mengatur atau menyimpan panas di dalam bahan lantai.
Material daur ulang dan Ramah Lingkungan
Pemakain barang barang daur ulang dan barang barang yang tahan seperti lantai bamboo, beton campuran fly ash, penutup atap daur ulang yang mengandung atap metal. Bahan bahan yang bersumber dan diproduksi secara local. Lantai tanpa penggunaan karpet adalah juga lebih baik untuk menjaga kualitas udara.

Pemerliharaan Taman Yang Mudah
Dianjurkan menanam jenis tanaman yang tidak terlampau rakus terhadap air, ditujukan untuk mengurangi pemakaian air, dan juga di anjurkan jenis tanaman tidak membutuhkan pemakaian pupuk yang mengandung bahan kimiawi.
Beton Tidak Terpakai
Beton yang tidak terpakai dapat dipergunakan untuk bahan jalan atau untuk jalan setapak , dimana dianjurkan bahan beton tidak terlalu menutupi permukaan tanah . Dimana penutupan permukaan tanah akan mempengaruh sistim sirkulasi air kedalam tanah.

Low-flow Water Fixtures
Kurangi aliran air di kran anda, karena akan mengurangi jumlah penggunaan air di rumah. .

Low VOC Paints
Adalah cat yang mengandung kadar toxic (racun) yang rendah dengan kualitas yang lebih baik cocok digunakan di dalam ruangan.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: