Gambar dan Fungsinya dalam membangun rumah

Kenapa kita memerlukan gambar dalam mebangun sebuah rumah / bangunan ? Gambar mempunyai banyak fungsi baik terhadap sepemilik bangunan maupun pihak yang akan mengerjakan bangunan tersebut.

Fungsi gambar adalah :

  1. Pemilik bangunan mendapatkan bagaimana bentuk dari rumah ataupun bangunan yang akan dibangun dan dapat memastikan bentuk yang diinginkan sudah terpenuhi baik .
  2. Gambar kerja menjadi pedoman dasar dari pihak pelaksana pekerjaan bagaimana bangunan akan dikerjakan termasuk ukuran, bentuk, jenis bahan yang akan digunakan, teknis pekerjaan termasuk peralatan apa saja yang diperlukan untuk mengerjakan bangunan tersebut.
  3. Gambar menjadi dasar perhitungan anggaran biaya bangunan , dimana dari gambar akan diketahui besar volume pekerjaan, jenis material yang akan digunakan.
  4. Dengan volume yang dan jenis material tersebut maka dapat dihitung berapa total biaya bangunan dan perkiraan lama waktu pekerjaan yang akan dilaksanakan.
  5. Gambar kerja menjadi suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam kontrak pekerjaan antara pemilik bangunan dan pihak pelaksana pekerjaan , disamping itu tidak dapat dipisahkan juga dengan spesifikasi pekerjaan.
  6.  Dalam pengurusan IMB, pihak Dinas Tata Kota juga selalu meminta gambar bangunan pekerjaan untuk memastikan apakah IMB dapat dikeluarkan atau tidak.

Gambar bangunan terdiri dari tiga kelompok yaitu :
1. As Plan Drawing (Gambar Rencana Bangunan)
2. Construction Drawing (Gambar Pelaksanaan)
3. As Built Drawing (Gambar Akhir)

As Plan Drawing (Gambar Rencana Bangunan)

Adalah gambar yang diperlukan sebagai gambar awal dimana bangunan tersebut direncanakan. Gambar ini adalah dasar dimana bangunan akan dibangun sesuai dengan perencanaan yang telah disiapkan oleh perencana berdasarkan :
• ukuran tanah
• bentuk dan nilai estetika dimana akan disesuaikan dengan keinginan pemilik bangunan
• perhitungan teknis untuk desain struktur dan
• hasil pemeriksaan tanah dimana bangunan akan ditempatkan

 

Construction Drawing (Gambar Pelaksanaan)
Gambar ini diperlukan saat pekerjaan sedang berlangsung. Umumnya Gambar Pelaksanaan ini adalah menuangkan detail detail sub bidang pekerjaan dimana sebelumnya tidak tertuang dalam Gambar Rencana (As Plan Drawing), dimana gambar detail ini tetap berdasarkan gambar awal. Disamping itu pihak pelaksana dapat memintakan kepada pihak konsultan perencana untuk membuat gambar tahap pelaksanaan bilamana pihak pekerja mendapatkan suatu ukuran ataupun bentuk yang membingungkan ataupun kemungkinan pelaksanaan beresiko jika gambar kerja dilaksanakan.
Bilamana pada saat tahap pekerjaan sedang berlangsung dimana diperlukan adanya suatu perubahan bentuk ataupun ukuran dan juga perubahan jenis material yang dipergunakan, maka sipemilik bangunan dan pihak pekerja secara bersama sama melakukan perubahan gambar . Jika terjadi perubahan besar yang sangat mempengaruhi jumlah biaya pekerjaan maka kedua pihak membuat suatu kesepakatan bersama dimana adanya suatu pekerjaan tambah/ kurang yang akan diperhitungkan dalam nilai kontrak pekerjaan.

As Built Drawing (Gambar Akhir)
Adalah gambar yang dituangkan berdasarkan hasil akhir pekerjaan actual, dimana gambar dibuat berdasarkan ukuran dan bentuk sebenar

Bagi anda yang ingin membangun rumah mungkin belum mendapatkan gambaran detail detail apa saja yang diperlukan dalam membangun rumah. Contoh gambar lengkap untuk perencanaan sebuah bangunan rumah 2 lantai dapat anda lihat disini.

Gambar yang dibutuhkan dalam Gambar Rencana Bangunan / Rumah :

  1. Denah Lokasi


2. Gambar Denah Bangunan


3. Gambar Tampak termasuk Tampak Depan, Tampak Samping dan Tampak Belakang

4. Denah Pondasi


5. Denah Sloof
6. Denah Kolom
7. Denah Balok
8. Denah Ringbalok
9. Detail Pembesian Pondasi, Sloof , Kolom, Balok dan Ringbalk
10. Denah Pembesian Lantai (untuk Bangunan diatas 1 lantai)


11. Gambar Potongan (Potongan Memanjang dan Melintang)


12. Denah Tangga dan Detail
13. Denah Rangka Atap dan Tampak Atap
14. Denah Pintu, Jendela dan Ventilasi
15. Detail Pintu, Jendela dan Ventilasi


16. Denah Instalasi Listrik
17. Denah Instalasi Air Bersih
18. Denah Instalasi air Kotor
19. Detail Sanitasi dan Septik Tank
20. Detail Pagar
21. Detail – Detail Tambahan ( Sesuai kebutuhan)

Dengan kelengkapan tersebut diharapkan gambaran rumah yang akan dibangun dapat dijadikan suatu dasar kesepahaman bagi pemilik dan pihak yang akan mengerjakan dalam membuat suatu ikatan kotrak kerja sehingga saat pelaksanaan diharapkan berjalan dengan baik.

Semoga bermanfaat!

  1. #1 by kazama on November 25, 2012 - 10:50 pm

    brmanfaat bpt

  1. penjernih air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: