Pemakaian Styrofoam Panel untuk Bangunan Rumah

Styrofoam panel adalah sejenis  lembaran papan penyekat yang bahannya terbuat dari busa.  Styrofoam ini sebenarnya sudah lama ditemukan   tapi baru sepuluh tahun terakhir ini dilakukan penelitian dan pengembangan sehingga bahan tersebut dapat dipergunakan sebagai material alternative untuk bangunan. Sebelumnya styrofoam ini lebih banyak dipergunakan di kapal  nelayan sebagai box penyimpanan ikan dan di masyarakat  lebih sering ditemukan sebagai pembungkus makanan.
Styrofoam panel adalah satu penemuan yang cukup bagus sebagai alternative pengggunaan material dalam bangunan. Dengan penelitan dan pengembangan tehnologi panel ini dapat mengkondisikan suhu dalam ruangan.   Styrofoam Panel dibuat dengan bahan dengan daya tahan terhadap panas sehingga dapat mengurangi daya hantar panas dari luar yang masuk kedalam ruangan yang ditutupinya . Lembaran panel yang tersedia dipasaran umumnya mempunyai ukuran 120 cm x 240 cm dengan ketebalan yang bervariasi  mulai 2 cm – 15 cm. Untuk panel atap mempunyai ukuran khusus.

Fungsi Pemakaian Styrofoam Panel :
Styrofoam Panel adalah penyekat yang  dapat dipergunakan untuk :

  1. Dinding Bangunan
  2. Pelapis Lantai
  3. Atap Bangunan
  4. Artistik dalam ruangan

 

 

Keuntungan Pemakaian :

  1. Sebagaimana konstruksinya , Styrofoam adalah panel yang tertutup rapat dimana daya rembes udara sangat kecil dimana bahan materialnya dapat menstabilkan kondisi suhu ruangan , dimana dapat mengurangi suhu yang panas ataupun dingin dapat tertahan oleh panel ini, sehingga dapat mengurangi biaya untuk pemanasan ataupun untuk mendinginkan suhu ruangan.
  2. Dari segi pemasangan , instalasi panel ini sangat mudah sehingga tidak perlu menyediakan biaya pemasangan yang cukup besar. Lembaran –lembaran panel sudah dipabrikasi dengan join sitim, sehinga untuk pemasangan akan memakan waktu yang lebih mudah.
  3. Masing masing lembaran mempunyai ketebalan 2-15 cm , sehingga untuk mengangkat bahan per lembarnya tidak terlampau susah.
  4. Lembaran panel ini dapat menahan kekuatan angin sampai 140 m/jam.
  5. Dengan penggunaan panel ini diharapkan dapat mengurangi pemakaian kayu sebagai dinding bangunan sehingga akan membantu konsep bangunan ramah lingkungan.
  6. Panel ini juga membantu untuk efisiensi energy, panel yang ditujukan untuk atap, panel dilapisi dengan stainless steel yang tahan terhadap korosi selama 20 tahun. Sehingga akan mengurangi pengantian material yang lebih cepat.
  7. Styrofoam panels mempunyai peranan yang penting dan berbeda dalam pemakaian dimana dapat digunakan sebagai bahan artistik dan ukiran di dinding rumah.
  8. Styrofoam adalah bahan material yang mudah dipotong dan dibentuk sebab mempunyai komposisi yang unik; ketika dipotong dapat diremukkan dan patah dengan mudah. Dengan menggunakan kawat yang sudah dipanaskan, panel styrofoam dapat dipotong dengan hasil yang lebih memuaskan, dimana hal ini akan mengurangi kerusakan dan bahan yang terbuang.

 Semoga Bermanfaat !!!

  1. #1 by Hana on March 19, 2012 - 3:28 pm

    Kl di bali, dimana ya yg bs buat tembok dr strerofoam? sy minat banget. Terima kasih

  2. #2 by Rebecca on May 19, 2013 - 12:04 pm

    alternatif material bahan yang kreatif..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: