Pemilihan Warna untuk Ruangan

 Tujuan pemilihan warna pada ruangan umumnya adalah untuk menampilkan ruangn menjadi cantik, menarik, elegan dan nyaman saat ditempati, umumnya setiap orang akan memilih dan menempatkan warna pada ruangan berdasarkan  selera  dan style  yang menggunakan. Tapi tanpa disadari  warna yang  dibuat pada  ruangan berpengaruh terhadap orang yang memandang , berpengaruh terhadap ruangan dan juga berpengaruh terhadap barang barang yang ada disekelilingnya. Pemilihan warna tentu tidak menginginkan adanya kekecewaan sehingga dalam waktu sebentar saja sudah harus mengecat ulang kembali ruangan yang sudah sempat dicat. Untuk mengantisipasi kekecewaan tersebut ada beberapa hal yang mungkin bisa digunakan sebagai pedoman pemilihan warna bagi ruangan . Pemilihan warna pada ruangan memerlukan keputusan yang berani untuk memilih warna cat bagi ruangan di rumah.

  1. Ikuti Style dan Selera Anda. Pemilihan warna dalam ruangan adalah merupakan perwujudan dan rasa kesuakaan anda. Tuangkan warna favorite anda  pada ruangan yang paling sering anda lihat sesuai dengan warna selera anda. Usahakan pemilihan warna dimulai dari dinding terluas dalam ruangan kemudian anda bisa mengkombinasikan dengan warna warna penegas di bagian dinding yang lebih kecil.

  2.  Psikologis dan Arti Warna. Warna tentu mempunyai arti dan pengaruh psikologis bagi orang yang memandangnya, pemilihan dan penempatan warna tentu akan mempengaruhi orang yang tinggal didalam ruangan tersebut. Anda  perlu mempelajari arti warna, kesan dan pengaruhnya terhadap psikologis dan terhadap ruangan anda, sehingga warna yang anda miliki diruangan  anda menjadi nyaman dan memberi semangat saat anda berada didalamnya.

  3. Warna tidak monoton dan tidak kaku. Pemberian warna yang sama di setiap ruangan yang ada dalam rumah akan memberi kesan kaku dan membosankan. Berikan warna warna yang berbeda pada ruangan yang ada dalam rumah, untuk ruangan  formal  bisa anda berikan dengan warna netral  dan ruangan pribadi bisa anda bisa buatkan dengan warna paling anda sukai. Demikian juga untuk warna ruang makan, dapur dan kamar mandi, bisa anda buatkan dengan warna warna cerah dan memberi kesan yang memberi rasa semangat. Dan untuk ruang keluarga bisa anda buatkan dengan warna tenang misalnya warna coklat.
  4. Kombinasi dan Keseimbangan Warna dengan Perabot. Pemberian warna harus bisa dikombinasikan dengan furniture yang ada dalam ruangan sehingga kelihatan menarik, cantik dan nyaman. Hindari pemberian warna gelap pada ruangan   dimana anda mempunyai furniture yang terbuat dari kayu.
  5. Pemberian Pola dan Tekstur. Buatkan pola dan tekstur menarik pada ruangan yang  biasa dipakai untuk ruangan bermain atau ruangan keluarga. Pemberian pola kotak, memutar atau bulatan bisa anda buatkan pada ruangan yang anda anggap perlu . Pemberian pola ini akan membuat ruangan tidak terlalu kaku dan membosankan.  Anda juga membuat kreasi latar pada dinding anda misalnya pemberian gambar pemandangan alam atau gambar panggung sesuai kesuakaan anda, sehingga membuat ruangan anda seakan hidup.
  6.  Pengaturan  dekorasi dengan memberi warna alam. Untuk   pemberian warna dan penataan dekorasi  mempunyai fungsi lain dimana harus bisa menjadikan  tempat menjadi lebih bagus dimana dapat dibuat dengan pemberian warna  mengikuti alam. Pemberian warna    ruang interior dapat dilakukan meniru warna alam dan  lingkungan eksterior misalnya pemberian warna  gelap pada lanta, misalnya pemberian warna coklat meniru warna tanah , pemberian warna medium seperti warna hijau pada dinding  dapat kita lakukan mengikuti  warna   pohon pohonan dan  pemberian warna terang seperti warna putih atau biru pada plafoon mengikuti  warna langit
  7. Pembagian Warna . Ketika anda mendekorasi ruangan, bagilah warna dalam rungan dalam bagian 60% dengan warna yang dominan, 30 % denan warna pembanding dan 10% dengan warna penegas.
  8. Ikuti arsitekture rumah anda. Pemilihan warna pada arsitekture rumah anda dapat anda lakukan dengan melihat bentuk dan bahan ruangan anda. Untuk ruangan dimana dinding terbuat dari kayu , anda dapat memilih warna cat yang bisa menampilkan tekstur asli dari kayunya sehingga ruangan kelihatan lebih nyaman dan tenang. Penempatan  dinding bata tanpa plesteran dengan hanya memberi cat pengkilat akan memberi tekstur asli bata akan membuat ruangan semakin menarik . Dinding akan kelihatan lebih menarik jika warna ruangan dipadukan dengan pemberian efek pencahayaan.

Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: