Mari menghemat air !

Air adalah sumber yang sangat berharga bagi kehidupan manusia dan kelestarian bumi. Delapan puluh persen tubuh kita terdiri dari air dan hampir stiap harti kita akan selalu bersingungan dengan air, mulai dari makan, minum , membersihkan tubuh, membersihkan rumah sampai membersihkan kendaraan kita selalu berhubungan dengan air. Demikian juga dua per tiga dari permukaan bumi kita ditutupi oleh air yang mana sangat mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim di permukaan bumi.

Dalam kehidupan sehari hari saat ini banyak pihak yang merencanakan dan membangun kota kota yang juga berhubungan dengan air yang ditujukan untuk tempat bermain ataupu  untuk tempat santai, mari kita lihat bagaimana saat ini banyakanya pembangunan kolam renang dan taman air.  Dan barang barang produksi makanan dan minuman  yang di perjual  beli kan   semuanya secara langsung atau tidak langsung  melalui sistim produksinya juga  menggunakan air, dimana berhubungan langsung ataupun melalui hal lain .

Kehidupan sehari hari kita kita yang banyak berhubungan  dengan air , tanpa kita sadari  lambat laun  akan mengelilingi dan mengepung kita.    Pada dekade saat ini , air sepertinya tidak pernah dihargai oleh perilaku kita yang terlalu boros dan kurang perduli tentang penggunaan air, baik secara pribadi maupun dalam kehidupan masyarakat umum.   Mungkin kebanyakan orang tidak terlalu perduli karena air semuanya bersumber dari alam baik dari mata air , sungai , air hujan dan lainnya. Semuanya akan berpikir bahwa air itu tetap ada, tapi sebetulnya yang perlu diketahui bagaimana proses yang dilakukan hingga air yang  kita pakai tersebut memerlukan biaya produksi yang cukup besar , sehingga kita dibebankan akan pemakaian setiap air yang kita pakai.

Diperhitungkan sebentar lagi air adalah menjadi  unsur atau benda yang sangat  mahal jika manusia tidak mampu menjaga ataupun menghemat pemakaian air tersebut . Masing masing diri kita dapat terlibat dan  dapat kita  mulai dari rumah kita dengan mengatur pemakaian  yang lebih teratur dan secara tidak langsung akan mengemat keuangan kita.

Ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghemat air :

A. Penghematan secara konstruksi

  1. Lakukan pembuatan ketinggian kamar mandi yang cukup untuk membuat  pipa buangan air kloset ke septik tank dengan dengan kemiringan yang maksimal. Ini ditujukan supaya air buangan dari kloset ke septick tank dapat berjalan lancar, karena dengan cepatnya buangan dari kloset mengalir ke septick tank sehingga kita tidak terlalu banyak menggunakan air untuk menyiram kloset kita.
  2. Pastikan saat memasang instalasi pipa air bersih   terpasang dengan baik dan sempurna. Kebocoran sambungan maupun pada pipa air akan membuang air secara sia sia.
  3. Lakukan pengecekan instalasi pipa air anda secara berkala bilamana ada kemungkinan bocoran air pada pipa segera diperbaiki.
  4. Jika tidak diperlukan, hindari pembuatan kran air ditempat tempat yang sering dilewati orang.

B. Penghematan Dalam Pemakaian

Kamar mandi adalah salah satuu tempat pemakaian air yang cukup besar dalam rumah tinggal. Jumlah keluarga akan menghabisakan air saat mandi, berendam dan mencuci muka, mengosok gigi lebih dari 3 kali satu hari dan menghabiskan waktu yang cukup lama juga. Kita tidak ingin mengatakan untuk melarang atau  menyuruh untuk berhenti untuk mandi, berendam dan menggosok gigi, tetapi menganjurkan mengurangi paling tidak sedikit pemakaian air sewaktu mandi. Hal hal yang bisa dilakukan untuk penghematan air dirumah kita  adalah :

  1. Jika tidak perlu, hindari pengucuran air di setiap kran yang ada dirumah .
  2. Batasi pengisian bak air anda. Lakukan pengisian air sewaktu mandi saja, karena sering air di bak mandi meluap saat ditinggal hingga lupa karena kesibukan lainnya
  3. Matikan kran air saat anda mengosok gigi, hidupkanlah kran air  saat berkumur.
  4. Gunakanlah ember untuk mencuci mobil , hindari pemakaian semprotan yang lama.
  5. Isilah air di kitchen sink saata mencuci dan membilas piring kotor, jangan menghidupkan kran secara terus menerus.
  6. Jalankan mesin pencuci jika pakain dalam jumlah yang cukup. Jika cuma dua atau tiga helai, hal ini merupakan pemborosan air dan juga pemborosan listrik.

Sekarang anda akan berpikir dengan melakukan hal hal tersebut hanya dapat menghemat beberapa tetesan  dan beberapa  ember saja yang dapat anda selamatkan.  Tapi perlu kita ingat, ssebagai contoh sederhana saja dengan mematikan air ketika kita menggosok gigi kita dapat menghemat 5 liter dalam 1 menit. Jika kita kalikan jumlah penduduk Indonseia 200 juta , berapa liter yang bisa dihemat ? 5 x 200 juta = 1 milyar liter dalam 1 menit !!!!  . Nah sekarang mari kita memulai dari hal yang kecil yang bisa membuat perubahan yang cukup besar, dan sekarang kita semua dapat menghemat air untuk kepentingan generasi kita selanjutnya.

Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: