Rumah di atas kayu

Dalam sejarah peradaban manusia, kebanyakan pembuatan rumah didasarkan berdasarkan fungsi daripada kenyamanan pemakaian.  Pada jaman dahulu kebanyakan orang membuat rumah sebagai tempat tinggal juga untuk keamanan, saat ini mungkin masih ada juga orang-orang primitif yang masih tinggal di rumah kayu berdasarkan kebiasaan dan kepercayaan mereka. Pembuatan rumah diatas kayu kebanyakan dibuat  dengan cara sederhana dan tehnologi yang mudah dengan struktur yang tinggi pada ketinggian yang bisa mencapai  40-50 m . Pembuatan rumah pada tempat tempat yang tinggi ,penggunaan bahan lokal atau dari hutan  dan bentuk yang dibuat  adalah gambaran dari kehidupan masyarakat tersebut. Tetapi  pembuatan rumah juga dipertimbangkan kepada kondisi cuaca dan gangguan alam yang  ada di daerah tersebut.

Alasan pembuatan rumah kayu juga dipertimbangkan  untuk mendapatkan  keuntungan seperti keamanan dari binatang buas, mempermudah  mendapatkan cahaya diatas pohon, dapat dilakukan dengan tehnik konstruksi yang sederhana, penggunaan bahan  lokal dan bisa dikerjakan sendiri.

 Kalau dipikirkan pembuatan rumah kayu  adalah sumber masalah yang sangat potensial terhadap kerusakan hutan  dan juga mengganggu pertumbuhan pohon pohonan. Tapi harus dihormati sebagai budaya tradisional yang harus terpelihara.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: