Pemilihan Warna untuk Kamar Bayi

Ketika kita menunggu kelahiran bayi kita adalah saat yang sangat membahagiakan , dimana kita berusaha penuh untuk memanjakannya. Salah satu hal yang dilakukan adalah pengaturan kamar bayi . Untuk pengaturan kamar bayi salah satu hal yang dapat dilakukan adalah pengaturan warna cat yang akan diberikan dalam kamar bayi tersebut.  Ketika kita diperhadapkan untuk memilih warna yang baik untuk ruangan kamar bayi , keterlibataan bayi   dalam pengambilan keputusan adalah sangat berpengaruh.

Pengambilan keputusan warna apa yang akan diberikan dalam kamar bayi tidak perlu dibuat secara mewah, hal utama yang dibutuhkan adalah sedikit pemikiran untuk  jangka panjang dan beberapa pengetahuan mendasar yang mana menjadi dasar pemberian warna bagi kamar bayi anda.

Sebelum mengecat ruangan kamar bayi anda, anda harus lebih bijak untuk mempertimbangkan pengaruh warna kamar bayi anda yang mungkin berpengaruh  secara psikologis dan psikis   kepadanya. Jika kita pertimbangkan bahwa warna sebenarnya  berpengaruh secara individu  terhadap  kedewasaan, kepribadian dan ketertarikan.

Mari kita lihat contoh sederhana pengaruh  psikologis dan kedewasaan ,  ketika bayi lahir warna yang bisa dibedakan oleh bayi adalah hitam, putih dan abu abu, dalam waktu seminggu atau lebih kemudian bayi baru dapat mengenal  warna merah dan setelah itu mulai menjangkau pada warna lain sebagiamana   akan membantu bayi untuk mengembangkan keahlian yang dia miliki. Ketika bayi dapat melihat warna merah dan sebelum dapat melihat warna biru maka  mulai saat itulah bayi mulai berinteraksi tentang hal sekelilingnya dengan warna warna yang ada di dekatnya. Pengaruh warna dekorasi yang kita berikan di kamar bayi  dengan memberi  warna warna lembut akan membuat bayi tidak terlalu bingung  dibandingkan jika bayi langsung melihat warna warna terang dan bersinar. 

Pemilihan warna juga dipengarhi oleh makna simbolik dan  pengaruh budaya tentang warna. Beberapa negara memunyai pengalaman dengan warna, kita mungkin tidak semua  perduli dengan hal tersebut, sebagai contoh banyak orang didunia ini menggunakan warna putih yang menggambarkan sebagi kesucian, tetapi orang Jepang menganggap warna putih menggambarkannya sebagai duka cita dan kematian. 

Contoh lainnya adalah banyak orang tidak menggunakan warna warna tertentu didalam ruangan dimana dari hasil penelitian warna yang dipakai tidak sesuai untuk bayi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa bayi akan lebih banyak menangis di kamar dengan warna kuning dan anak anak dengan penyakit asma dan masalah sesak napas lainnya lebih reaktif dengan warna kuning

Pemilihan warna untuk kamar bayi harus menciptakan  suasana gembira dan riang tetapi bukan berarti kita harus membuat kamar bayi secara mewah dan  berlimpah , hal yang paling penting dilakukan adalah menyesuaikan warna cat dengan bayi yang anda miliki dan warna yang sesuai dimana secara psikologis akan membuat bayi anda akan nyaman dalam kamar dan dalam jangka panjang warna yang dia miliki akan membuat anak menjadi anak yang mempunyai karakter yang kuat dalam pertumbuhannya.

Ketika memilih warna yang akan diberikan pada kamar bayi , anda boleh membandingkannya dengan  bagaimana kecenderungan kita dalam memilih sesuatu hal, sebagai contoh   seperti kita mempunyai respon yang berbeda terhadap  jenis musik  dan kekuatan suaranya , sama halnya dengan masing masing individu mempunyai pilihan pribadi untuk memilih warna. Sebab itu warna kamar anak yang dipilih haruslah merefleksikan anak  secara pribadi.

Untuk memutuskan dan  meyelaraskan warna kamar bayi anda , gaya pemilihan warna untuk kamar bayi anda dapat anda lakukan dengan contoh dibawah ini :

 

 

 

Pemilihan warna untuk kamar bayi anda adalah momen yang sangat mengasyikkan dan hal itu sangat menyenyangkan  jika ruangan yang anda buat menjadi warna warna yang terbaik bagi bayi anda.  

Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: