Mengenalkan Penyelamatan Bumi bagi Anak

Bumi  akan kita wariskan kepada anak dan cucu kita. Keadaan bumi yang semakin rusak oleh tindakan dan perilaku manusia mengakibatkan keadaan yang sangat mengkhawatirkan bila diwariskan kepada mereka kelak. Tentu kerusakan bumi tidak hanya tanggung jawab kita pribadi, semua manusia haruslah menjaganya secara bersama sama. Tindakan penyelamatan bumi dapat dimulai dari diri sendiri dan dari anggota keluarga. Untuk anak kita yang akan mewarisi keadaan bumi saat ini juga selayaknya mulai dikenalkan hal hal yang bisa dilakukan untuk penyelematan bumi.

Hal hal dibawah ini bisa dikenalkan terhadap anak supaya mereka juga bisa memulai tindakan positip untuk penyelamatan bumi.

  1. Penghematan Pemakaian Listrik . Jelaskan kepada anak anda bahwa lampu, komputer, televisi dan perlatan lain yang menggunakan sumber arus listrik harus dipergunakan secara hemat.  Jelaskan kepada anak anda cara kerja bagaimana listrik itu bisa sampai dirumah dan anda juga harus menjelaskan bahwa semuanya dapat dinikmati dengan menggunakan energi yang yang cukup besar. Berikan penjelasan kepada mereka cara cara penghematan pemakaian listrik misalnya mematikan lampu kamar jika tidak perlu, memberi batasan pemakaian komputer,  menjelaskan acara televisi apa saja yang baik untuk ditonton dan hal lainnya.
  2. Mengajarkan Tindakan Tindakan Kecil. Banyak hal-hal kecil yang dapat diajarkan kepada anak anak untuk   dilakukan setiap hari untuk menghemat energi dan menjaga supaya bumi menjadi  bersih dan hijau.   Hal hal yang bisa diajarkan :
    •  mematikan air ketika mereka menyikat gigi
    • menyuruh anak untuk berjalan, naik sepeda atau naik bus , bukan perjalanan dengan mobil.
    • mengajarkan anak mandi dengan pancuran/ shower , dimana lpengunaan air dengan pancuran lebih cepat dan juga saat mandi hanya menggunakan  sedikit air
    • mengajarkan anak untuk mengeringkan pakaian dengan menggunakan jemuran, bukan menempatkan mereka dalam alat-alat pengering 
    • mengajarkan anak untuk membeli  produk yang tidak  dikemas
  3. Pemakaian Daur Ulang. Jelaskan kepada anak-anak anda bahwa setiap barang barang bekan  akan menjadi  limbah dalam tumpukan besar jika tidak dipergunakan kembali atau didaur ulang.  Ajarkan kepada mereka pemakaian dan pembuatan hiasan atau alat alat yang dapat dibuat dari barang barang bekas, misalnya daur ulang kertas bekas dapat dibuatkan menjadi kotak  tempat pinsil.
  4. Pembuatan Kompos. Ajarkan kepada anak bahwa makanan bekas, daun daunan dan sampah lain nya bisa digunakan menjadi kompos. Ajak anak anda bagaimana membuat lubang di halaman rumah anda sebagai tempat penimbunan sampah. Jelaskan kepada mereka bahwa sampah yang sudah ditanam tersebut nantinya akan bisa berguna untuk tanaman.
  5. Mengajak anak ke tempat toko toko penjualan barang daur ulang dan pemberian donasi atau bantuan.  Sebuah cara yang bagus untuk menjelaskan  tentang “penggunaan kembali” dan “pemakaian barang daur ulang” adalah untuk membawa anak-anak  ke toko barang bekas lokal di kota anda,  jika ada tempat pembuatan benda  atau barang daur ulang adalah lebih bagus sehingga mereka bisa dapat melihat langsung bagaimana perlunya menjaga dan menggunakan barang barang . Jika anak anda memiliki pakaian  mainan, sepatu, atau barang lain dalam kondisi dapat digunakan kembali, anda bisa mengajak anak dan anggota keluarga ke pusat donasi/ bantuan  sehingga mereka dapat melihat bagaimana barang bekas  adalah harta orang lain.
  6. Mengajarkan anak membuat surat. Anak-anak harus dianjurkan untuk berani menulis surat kepada pemimpin pemerintah dan perusahaan tentang polusi dan masalah lingkungan lainnya, dan Anda dapat memberi merekabantuan untuk mencari alamat dan membantu mereka hal hal  apa yang akan mereka tulis.   Jelaskan kepada mereka   bagaimana anda hidup dalam demokrasi dan tidak perlu rendah diri sekecil apapun nilai yang mereka tuliskan.
  7. Penggunaan Tas Plastik.  Ajarkan kepada anak untuk membawa tas setiap akan pergi berbelanja  .  Pemakaian tas plastik belanja   adalah masalah sampah yang besar saat ini.  Berikan penjelasan sederhana  bahwa plastik   sangat sulit untuk dihancurkan secara alami, bila plastik ditanam dalam tanah maka – butuh 1.000 tahun diperlukan supaya plastik tersebut benar benar hancur!
  8. Mengajak ke Tempat Pameran Lingkungan Hidup   . Ajak anak anda untuk melihat pameran  tentang masalah lingkungan seperti polusi, sampah atau energi. Hal ini bisa memacu mereka supaya tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan masalah lingkungan tersebut.
  9. Mencintai Bumi  dengan Mengikuti Gerakan Penanaman Pohon . Anak-anak harus mencintai dunia bila ingin  melindunginya.  Mengajak anak berjalan dan melihat pohon-pohon, bunga dan langit akan mengenalkan mereka tentang bumi. Jika anda mengetahui adanya gerakan penanaman pohon di tempat anda, ajaklah anak anda supaya mereka makin mengerti apa pengaruh pohon terhadap keselamatan bumi.
  10. Berceritalah tentang bumi. Bicaralah dengan anak-anak anda tentang burung, tanaman, asap  kendaraan dan penggunaan energi. Tidak cukup hanya meminta anak-anak anda untuk mematikan lampu dan penggunaan kembali kantong plastik ke tempat belanja , mereka harus memahami mengapa kita melakukan hal-hal dan apa dampaknya mungkin mereka miliki.

Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: