Siku Ukur

Siku Ukur  adalah salah satu alat yang sangat penting dalam pertukangan. Siku ukur merupakan salah satu yang sering dipakai dalam dasar pekerjaan dan juga saat penguran bagian bagian yang sangat berhubungan dalam kesikuan bahan maupun ruang yang akan dikerjakan. Tidak hanya itu mungkin siku ukur adalah alat tercepat dan termudah untuk menandai garis persegi untuk pemotongan , tetapi dapat digunakan untuk dengan cepat menandai setiap sudut hingga 45 derajat dan 90 derajat dan juga alat yang paling sering dipergunakan untuk  mengukur sampai enam inci (20 cm). 

Siku Ukur L adalah alat ukur yang dirancang untuk membuat tanda persegi atau sudut pada suatu benda. Biasanya Siku Ukur tersedia dalam berbagai macam ukuran tetapi secara umum yang sering dipakai terdiri dari  2 model  yaitu Siku Ukur Kecil dengan panjang ukur  6 inchi  dan Siku Ukur besar  dengan panjang ukur 12-inci.

Fungsi dan Pemakaian :

Siku Ukur  memiliki tiga fungsi utama :

  1. Siku Ukur  paling sering digunakan untuk membuat tanda ataupun sebagai penggaris  pada suatu objek atau benda.
  2. Siku Ukur memiliki tanda sehingga mudah untuk menentukan sudut perkiraan  ataupun bidang potong. Dengan menempatkan pojok siku ukur pada  titik di mana sudut memenuhi sumbu panjang dan maka dapat dilihat  besaran  sudut pada suatu garis yang akan diukur. 
  3. Dengan siku ukur  memungkinkan pengguna untuk mengukur maupun membuat ukuran dalam ukuran kecil karena tersedia tanda ukuran panjangg.

Jenis Siku Ukur :

Siku Ukur ada dua jenis, yaitu dengan alat pengukur derajat sudut dan tanpa alat pengukur derajat sudut. Untuk tanpa pengukur derajat berbentu segitiga dan yang tanpa pengukur derajat sudut berbentuk L . Alat ini biasanya tersedia dari bahan aluminium dan stainles steel  dan juga dari bahan plastik. Siku Ukur dari bahan  aluminium dan stainles steel adalah alat yang paling baik diperguankan karena tahan lama dan tidak mudah pecah. Siku Ukur yang terbuat dari plastik sedikit lebih murah, tetapi  tidak terlalu tahan terhadap benturan sehingga mudah pecah.

Pemeliharaan :

Pemeliharaan alat siku ukur tidak terlalu sulit, hanya dipastikan supaya alat tersebut saat penyimpanan tidak terbebani oleh beban berat yang dikhwatirkan akan membuat permuakaan akan bengkok. Juga saat pemakaian dianjurkan supaya ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat karena biasanya alat ini sering terlupakan tertimpa oleh benda lain sehingga sering hilang.

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: