Palu

Palu atau sering juga disebut orang martil adalah salah satu alat yang paling penting oleh tukang. Setiap tukang kayu harus memiliki minimal satu palu di kantong alat mereka. Meskipun tidak digunakan dalam  hampir setiap waktu tetapi alat ini harus tetap tersedia dalam suatu proses konstruksi.

Jenis Palu.

Palu terdiri dari beberapa macam dalam pekerjaan konstruksi, yang paling sering digunakan adalah palu besi, disamping itu ada juga palu kayu dan palu karet.

Palu besi adalah palu yang paling sering dipergunakan karena fungsinya yang apling banyak, terutama untuk fungsi pemasangan paku, pencabutan paku , pemukulan terhadap suatu benda dan juga untuk pembongkaran. Palu kayu umumnya dipergunakan untuk konstruksi kayu yang biasanya dipergunakan untuk pemukulan pahat dan juga pemukulan untuk pemasangan spin kayu. Sedangkan Palu karet biasanya berhubungan dengan pekerjaan yang membutuhkan pukulan yang berskala rendah dimana ditujukan tidak mencederai benda yang dipukul, biasanya alat ini dipakai untuk pemsangan keramik, pemasangan bata, pemasangan porselin dan juga materila material artistik lainnya.

Palu Besi terdiri dari dua jenis, yaitu palu yang berfungsi hanya sebagai pemukul dan jenis yang lainnya palu yang bisa sebagai pemukul dan juga bisa untuk mencabut paku.

Ukuran Palu Besi.

Pemilihan palu besi harus disesuaikan dengan penggunaannya, misalnya untuk pemakuan paku ukuran kecil misalnya 1 inchi harus disesuaikan dengan palu kecil ukuran berat 1 kg. Hal ini dimaksudkan supaya beban yang diterima oleh paku sesuai dengan berat tekanan dari palu ketika dipukulkan. Disamping itu juga akan mempengaruhi tenaga yang hars dikeluarkan oleh tukangnya.

Ukuran palu besi berdasarkan berat kepala ada yang terdiri dari ukuran  1/2 kg, 1kg, 2kg, 3kg, 5kg. Untuk palu besi 10 kg biasanya dipakai untuk alat pemecah beton. Ukuran panjang pegangan biasanya sudah disesuaikan dengan berat kepala palu.

Pemilihan dan Pemakaian Palu Besi

Disamping pemilihan berat palu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah palu dapat dipergunakan dalam berbagai fungsi. Palu yang dipilih  harus diperhatikan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan daya dorong kuku,  palu harus bisa difungsikan untuk membengkok  paku dan juga untuk mematahkan suatu benda dengan mudah. 

Tenaga yang diperlukan saat mendorong dan menarik suatu beban terhadap paku adalah terengaruh pada penempatan banyaknya tegangan pada pegangan, sehingga saat anda memilih palu anda juga harus memperhatikan jenis pegangan pada palu tersebut dimana anda harus memperhatikan kekuatan tegangan , kuatan ikatan tehadap kepala palu dan juga kenyamanan anda untun memegang palu tersebut.  Saklah satu desain terbaik saat ini adalah jenis palu dengan pegangan yang terbuat dari  fiberglass atau  baja yang ditutupi bahan  vinil atau pegangan karet . 

 Anda juga harus memperhatikan lekukan pada pegangan palu, dimana anda harus menyesuaikan dengan bentuk tangan anda, dimana hal ini berpengaruh terhadap  penyerapan getaran saat anda memukulkan palu terhadap suatu benda, dimana dengan semakin kecilnya getaran yang diterima oleh tangan maka akan mengurangi stres pada tangan dan pergelangan tangan. 

 Semoga bermanfaat !!!

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: