Waterproofing

Waterproofing adalah bahan yang dipergunakan untuk melindungi bagian bawah suatu permukaan untuk meolak atau menahan rembesan dari bahan cair terhadap  struktur yang dilapisi.  Dalam pelaksanaannya material yang digunakan untuk melindungi  struktur akan dilapisi dengan lembaran logam,  membran , coating dan flash band self adhisive. Bagian struktur yang sering dilakukan adalah pemasangan waterproofing terhadap atap, palt beton dan dinding beton.

Jenis Waterproofing :

  1. Sistim Membran . Adalah perlindungan dengan meggunakan membran  atau lembaran yang terbuat dari karet terhadap permukaan struktur . Biasanya dipergunakan untuk  struktur dak atau atap beton. Lembaran membran di susun sesuai dengan keperluan seluruh permukaan struktur yang dilindungi.  Waterproofing dengan jenis membran terbuat dari bahan monomer  kimia, etilena, propilena yang dicampur dengan bahan karet. Sehingga campuran ini akan membentuk senyawa yang kuat dan padan dimana akan tahan terhadap perubahan cuaca dari panas matahari dan hujan. Dengan pemasangan yang sempurna maka permukaan akan tahan terhadap rembesan air dan juga tahan untuk menahan genangan air.
  2. Sistim Coating . Adalah perlindungan rembesan dengan menggunakan bahan polimer berbentuk bahan cat untuk menutup permukaan struktur yang dilindungi. Umumnya digunakan untuk perlindungan dinding, bak,  tanki dan juga dapat dipergunakan untuk perlindungan terhadap permukaan kayu. Untuk permukaan luas dan perlindungan yang lebih kuat dapat menggabungkan dengan bahan polyester pada permukaan yang dilindungi.
  3. Sistim Flashband Self Addhisive. Adalah perlindungan rembesan dengan menggunakan lembaran flashband yang berbentuk lembaran di rekatkan pada bagian permukaan struktur yang akan dilindungi. Lembaran ini terdiri dari beberapa lapisan yang  terdiri dari lapisan lembaran karet, membran polyester, aluminium foil dan lapisan cat penutup. Biasanya digunakan untuk pelindung permukaan atap, beton,  lantai dan lainnya.
  4. Sistim Pasta Logam.  Perlindungan rembesan dilakukan dengan menggunakan bahan logam  yang dibuat dalam bentuk pasta , dimana pasta ini di oleskan terhadap permukaan yang akan dilindungi . Bahan dibuat dari biji baja galvanis sehingga  pasta tidak mudah  berkarat  . Biasanya digunakan pada permukaan yang  ditujukan untuk menutupi celah permukaan.
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: