Pemilihan bahan Jendela

Pemilihan bahan jendela yang sesuai dengan model rumah  adalah sangat penting untuk mendapatkan bertambahanya keindahan dari tampilan rumah, tetapi disisi lainnya adalah sangat perlu mempertimbangkan pemilihan dan model jendela berdasarkan biaya dan fungsi kegunaan bagi rumah. 

Yang jelas, saat ini banyak tipe dan bahan jendela yang dipasarkan , jendela dapat dijumpai dalam bebragai gaya, bentuk dan bahan. Sehingga kita perlu memahami kelebihan dan kekurangan dari jenis bahan jendela tersebut supaya hasil yang didapatkan akan lebih berguna bagi rumah tinggal kita. 

Jenis Bahan Jendela : 

Bahan bingkai dan kusen jendela secara umum yang dapat dijumpai dengan jenis bahan berikut :

  1. Jendela dan Kusen Aluminium. Jenis bahan ini saat ini harganya cukup terjangkau dan merupakan bahan yang paling efisien. Penampang yang lurus dan datar membuat bahan ini semakin banyak disukai oleh orang dan arsitek untuk  pemakaian konstruksi ultra modern, diamping itu bahan yang ringan juga membuat pelaksanaan pekerjaan menjadi mudah.  Bahan aluminium juga cukup kuat terhadap cuaca dan paling menguntungkan tidak akan terpengaruh oleh air. Hanya pada daerah tertentu yang mengalami musim dinging yang cukup panjang, bahan aluminium akan mengalami kondeensasi. Untuk perawatan untuk pembersihan secara berkala adalah hal yang mudah dilakukan supaya permukaan tidak mengalami pertumbuhan jamur.  
  2. Jendela dan Kusen Fibreglass. Jenis kusen ini mempunyai keunggulan dimana cukup ringan dan mudah untuk mengerjakannya. Sebagaimana dengan jendela jenis kayu , secara biaya pemilihan jendela dan kusen dari bahan fibreglass biayanya cukup efisien. Keunggulan lainnya adalah jenis fibre galss akan kelihatan lebih segar dan  lebih bersih. Penempatan jendela untuk bahan ini cocok untuk interior dan eksterior. Bahan fibreglass cocok untuk rumah model minimalis dan juga untuk perkantoran dan rumah type gedung.
  3.  Jendela dan Kusen Kayu. Kusen jendela saat ini adalah bahan yang masih favorit digunakan oleh masyarakat umum, walaupun saat ini untuk mendapatkan kayu sebagai bahan bangunan mulai sulit oleh peraturan dimana untuk penyelamatan lingkungan, masyarakat tetap lebih banyak menggunakan bahan kayu untuk kusen dan jendela. Bahan kayu memang sangat cocok untuk segala bentuk dan arsitektur rumah dan sangat mudah untuk dibentuk dan juga untuk dihias dalam berbagai bentuk warna, disamping itu untuk jenis kayu yang bagus maka daya tahan untuk umur penggunaaan sangat baik dipergunakan. Dan keunggulan lainnya dalah kusen dan jendela dapat menahan beban yang lebih kuat. Kelemahan kayau adalah akan mudah rusak bila sering terkena hujan dan adanya perubahan cuaca panas ke musim hujan. Disamping itu juga sering bermasalah dengan binatang rayap yang bisa menghancurkan bingkai dan daun jendela. 
  4. Jendela dan Kusen Vinyl. Sejauh ini pilihan yang paling populer untuk bahan jendela adalah mengggunakan bahan yang terbuat dari vinyl. Vinyl adalah energi efisien, terjangkau, dan terlihat bagus dan cocok dengan berbagai bentuk rumah modern. Sama halnya dengan jendela fibre glass , penggunaan bahan ini cukup mudah dikerjakan dan sangat tahan lama
  5. Jendela Kaca dengan berbagai variasi Kusen . Jendela kaca dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan variasi dan juga dapat dikombinasikan dengan variasi bahan bingkai jendela yang diinginkan.  

 

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: