Aluminium Composite Panel

Aluminium Composite Panel adalah salah satau material yang biasanya berupa lembaran yang bahannya terbuat dari lapisan aluminium pada kedua sisi luar dimana didalamnya dilapisi dengan bahan non aluminium  berupa bahan polyetthylene dimana ketiga lapisan disatukan dalam lembaran yang kuat. Aluminium composite panel  dalam lembarannya akan didapatkan dalam lembaran yang kaku, kuat tapi dalam berat yang cukup ringan. Lembarannnya dapat ditemukan  dalam warna metalik dan warna non logam. Untuk  pesanan khusus , permukaan dapat dipeesan dalam berbagai pola meniru bahan bahan material lainnya seperti pola kayu, keramik dan pola lainnya.Lembaran Aluminium Composite Panel diproduksi biasanya dengan ukuran ketebalan 1 mm – 10 mm, dan lebar 1200 – 1600 mm.

Dalam pemakaiannya , aluminium composite panel banyak dipergunakan sebagai penutup permukaaan untuk dinding. Bahan ini biasanya digunakan untuk bangunan gedung ataupun rumah berbentuk minimalis. Sering dipergunakan dengan kombinasi penggunaan kaca dan bahan logam lainnya  untuk keindahan arsitektur.  Untuk penggunaan interior, aluminium composite panel sering dipergunakan untuk partisi,  penutup kolom  dan juga untuk plafoon artistik.

Keuntungan pemakaian Aluminium Composite Panel ini adalah :

  1. Permukaan yang cukup rata dan halus
  2. Mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap cuaca dan iklim
  3. Bahan yang bagus untuk dekoratif baik eksterior maupun interior
  4. Mudah diaplikasikan dalam berbagai desain konsep modern
  5. Tersedia dalam berbagai macam warna dan pola
  6. Composite mudah dibentuk, dilipat, dibor dan dan dilengkung dengan menggunakan peralatn konvensional ataupun peralatan sederhana lainnya.
  7. Bahan inti yang terbuat dari bahan  polyetthylene  sehingga lembaran tahan bakar
  8. Lapisan permukaaan aluminium yang dilapisi dengan polyester akan menambah daya tahan, stabilitas dan tahan terhadap iklim dan korosi.

Kekurangan Aluminium Composite Panel adalah :

  1. Hasil penelitian menyatakan bahwa  bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium , dalam suhu panas yang tinggi akan mengeluarkan gas beracun.
  2. Dalam suhu tingggi, lapisan inti bisa menmgelembung yang akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan.
  3. Kekuatan terhadap tekanan angin kurang, sehingga dalam konstruksi yang kurang baik akan beresiko terhadap keselamatan.
  4. Jika sistim grounding yang kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup beresiko terhadap sambaran petir.

Semoga bermanfaat !!!

 

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: