Landscaping Kolam Renang

Mempunyai kolam renang pribadi yang nyaman dan cantik sangat diimpikan oleh semua orang, bagi anda yang sudah mempunyai ataupun sedang merencanakan membangun kolam renang yang sebelumnya belum menata kolam renang anda, mungkin perlu menambahkan beberapa perlengkapan dan penataan landscaping untuk kolam renang anda sehingga anda dapat menikmati kolam renang anda sepuasnya bersama keluarga ataupun teman teman anda. Penyediaan perlengkapan dan lanscaping ini bukan sebagai keharusan, anda perlu menyediakan sesuai dengan kebutuhan dan selera anda dan juga anda harus memperhatikan ketersedian tempatnya.

1. Pool Deck atau Teras kolam
Banyak solusi dan pilihan untuk membuat teras atau pool deck kolam renang anda cantik , nyaman dan juga mengandung unsur keselamatan. Salah satu pilihan yang dapat digunakan adalah teras dengan dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang ditata dengan rapi.

Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan material pooldeck adalah material harus anti selip atau tidak licin. Juga hal yang perlu diperhtikan adalah level atau ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari teras atau pool deck..

2. Edging atau pinggiran kolam
Edging adalah material yang digunakan untuk pinggiran / bibir atas dari kolam renang dan bukan satu bagian dengan pool deck. Edging biasanya dipasangkan mengelilingi seluruh pingiran bibir atas dari kolam renang. Material yang digunakan dalam edging ini sering juga disebut dengan ”coping”. Material yang dipergunaka biasanya dari bahan beton, beton precast, batu atau ada juga dari bahan keramik. Bentuk dari coping ada dalam berbagai macam tapi umumnya harus membentuk yang membulat pada sudutnya.

3. Penanaman Pohon dan Tanaman
Penanaman pohon disekitar kolam renang akan memberikan rasa rindang dan juga akan mengurangi polusi terhadap sekitar kolam renang. Dengan desain arsitektural yang menarik maka anda akan semakin menikmati saat saat berenang anda. Pemilihan pohon dan tanaman harus diperhatikan juga, pilihlah pohon dimana daunnya tidak terlalu lebar dan tidak cepat gugur , karena jika sering jatuh ke air kolam juga akan mengurangi higienis air, untuk itu anda juga perlu mengatur penempatannya supaya daun bila gugur tidak langsung jatuh ke kolam. Penempatan dengan akar besar perlu dihindari berdekatan dengan kolam, karena semakin lama akar akan membesar yang bisa merusak konstruksi kolam itu sendiri. Beberapa pohon yang mungkin anda apat pilih adalah pohon kelapa, bungs kamboja, dadap merah ,tumbuhan palem kecil atau pisang kipas.

4. Gazebo
Gazebo adalah sebuah bangunan kecil yang digunakan sebagai tempat berteduh dan beristirahat, berkumpul, dan menikmati makanan dan minuman selama melakukan aktivitas renang. Jenis jenis gazebo ini ada dalam berbagai bentuk, bisa menggunakan kayu, beton ataupun bahan plastik. Penempatan gazebo diusahakan jangan sampai mengganggu proses jalan menuju kolam dan penempatan diusahakan tidak mengganggu keselamatan.

5. Table and Chair Set
Perlengkapan ini diperlukan saat bersantai dan saat istirahat. anda bisa menempatkan furniture meja dan kursi untuk menikmati makanan dan minuman di dekat kolam. Tempatkan furniture tersebut jangan terlalu dekat dengan kolam.

6. Umbrella Set
Adalah perlengkapan dengan bentuk payung besar yang digunakan sebagai tempat berlindung dari terpaan sinar matahari dan tempat bersantai.

7. Sun Longer
yaitu sejenis kursi panjang tempat bersantai sebelum atau setelah berada diluar kolam. Sun Longer umumnya terbuat dari bahan kayu, fiber, plastik atau bahan rotan sintetis atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut dengan design yang dirancang untuk memberikan kenyamanan.

8. Overflow atau Tumpahan Air
Pemberian overflow atau tumpahan air di pinggir kolam, dapat menambah suasana nyaman di area tersebut. Pemilihan overflow bisa menggunakan berbagai bentuk yang artisitk di pinggiran kolam.

 

Semoga Bermanfaat !!!!

  1. #1 by waterco on May 28, 2011 - 2:46 pm

    Bagaimanapun perencanaan yang matang didukung oleh dana, pemilihan filter air, pompa air dan perlengkapan kolam renang yang tepat serta pekerja yang profesional akan sangat menentukan keberhasilan pembuatan sebuah kolam renang yang baik.

  2. #2 by rian cocolate (@riancocolate) on November 1, 2012 - 7:01 am

    sangat membantu sekali informasi yang diberikan, sebagai masukan untuk tetap menjaga kondisi kolam renang, supaya tetap sehat, jernih dan terawat,, cek kolam renang yang lain

Leave a comment